Pembelajaran E-Learning Berbasis Aplikasi Scoology Terhadap Kemampuan Bahasa Arab

  • Zulkarnaini Zulkarnaini FTIK IAIN Lhokseumawe
Keywords: Pembelajaran, Aplikasi E-learning Schoology, Kemampuan Bahasa Arab

Abstract

Perkembangan pendidikan diiringi dengan berkembangnya teknologi komunikasi informatika yang semakin canggih dan modern dalam dunia pendidikan salah satunya  dalam mata kuliah Bahasa Arab. E-learning adalah pembelajaran berbasis online yang menggunakan penggunaan internet dan teknologi web untuk menciptakan pembelajaran. Inovasi pembelajaran yang dapat digunakan adalah aplikasi schoology E-learning. Schoology adalah salah satu Sistem Manajemen Pembelajaran yang menyediakan fasilitas untuk dosen dan Mahasiswa untuk saling berinteraksi dan juga bertukar informasi melalui online. Metodologi dalam penelitian ini adalah kuantittaif deskriptif. Kemandirian belajar di analisis dengan uji anava diperoleh ada peningkatan kemandirian belajar Bahasa Arab Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawedengan elearning aplikasi schoology. Kemapuan kognitif Mahasiswa yaitu hasil belajar Bahasa Arab yang dianalisis dengan uji perbedaan nonparametrik yaitu uji mann-whitney  ada peningkatan hasil belajar Bahasa Arab  Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe ada peningkatan secara signifikan pembelajaran berbasi elearning aplikasi schoology.

Published
2020-03-13