Pengembangan Pembelajaran Matematika Di MTs Az-Zubir Madura
Abstract
Pembelajaran matematika diharapkan lebih menekankan pada pemahaman konsep sehingga peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Perancangan pembelajaran dilakukan supaya pembelajaran yang dilakukan oleh guru sesuai dengan karakteristik peserta didik. Desain pembelajaran matematika yang dilakukan dalam penelitian ini mengikuti langkah-langkah desain pembelajaran kemp. Desain pembelajaran matematika ini dilakukan di kelas VIII-B MTs Az-Zubir Pemekasan. Dari hasil observasi diperoleh bahwa siswa memiliki latar belakang budaya yang sama dan menetap di pondok pesantren. Dari hasil wawanwacara dengan guru diperoleh bahwa siswa lebih dominan berkemampuan rendah. Dari hasil tes gaya belajar diperoleh gaya belajar visual-audiotori. Desain pembelajaran yang dilakukan berupa mendesain rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP yang menekankan pada pemahaman konsep), Mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) sesuai dengan gaya belajar siswa. dan mendesain penilaian pada ranah kognitif dan ranah afektif.