Strategi Multiple Intelligences Dalam Pembelajaran
Abstract
Multiple intelligences erat kaitannya dengan tingkat kemampuan seseorang menyesuaikan diri dengan lingkungannya, baik itu kemampuan secara fisik maupun non fisik. Adapun jenis kecerdasannyaadalah: kecerdasan linguistik, kecerdasan spasial, kecerdasan matematis kecerdasan kinestetis, kecerdasan musik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan naturalis dan kecerdasan eksistensialis. Pada manusia memiliki masing-masing kecerdasan tersebut. Multiple intelligences ini lebih menekankan pada proses pengembangan kemampuan dasar yang dimiliki oleh peserta didik. Multiple intelligences ini berfungsi sebagai salah satu cara untuk mengembangkan ragam kecerdasan yang dimiliki setiap manusia. Kajian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara serta menggunakan triangulasi sebagai reabilitas dan validitas data. Hasilnya menunjukkan bahwa pendidik telah melakukan upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik, dan pendidik dituntut untuk dapat menciptakan suatu proses pembelajaran yang memunculkan rasa senang untuk membangkitkan semangat belajarnya. Pendidik dapat memilih dan mengaplikasikan model, strategi pembelajaran, pendekatan, metode, media, dan bahan ajar agar terpenuhi tujuan pembelajaran, yaitu menghadirkan pembelajaran bermakna yang bisa meningkatkan aktifitas dan hasil belajar peserta didik disekolahnya.