Transformasi Pendidikan Islam Era Milenial

Tinjauan Pengajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Sosial

  • Rizka Amalia Program Doktoral UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Transformasi Pendidikan Islam, Era milenial, Sosial Media

Abstract

Pendidikan Islam di era milenial ini, banyak terjadi kesenjangan seiring dengan adanya perkembangan teknologi. Salah satunya masih banyak yang beranggapan bahwa pendidikan Islam dan sains merupakan dua hal yang terpisah. Permasalahan ini memunculkan pemikiran bahwa ilmu agama dan umum merupakan bagian terpisah. pengajarannya pun memiliki metode dan cara tersendiri. pendidikan agama cenderung normatif sedangkan sains merupakan ilmu yang transformatif. berdasarkan hasil penelitian ini menemukakan bahwa Pendidikan Islam mampu bertransformasi beriringan dengan kemajuan teknologi seperti media sosial. hal ini dapat diketahui melalui aspek kurikulum, media pemeblajaran, sumber belajar, alat pembelajaran, strategi dan metode pembelajaran agama Islam di SMP Kota. Lhoksumawe. hasil penelitian juga menemukan bahwa siswa memiliki ketertarikan selama mengikuti proses pembelajaran. dikarenakan, media sosial merupakan salah satu cara mudah peserta didik untuk  memahami materi yang sulit di buku, karena media sosial merupakan media yang dekat dengan peserta didik. peserta didik aktif dan senang mengikuti proses pembelajaran karena menemukan pengalaman baru dan bermakna. peserta juga dapat aktif berdiskusi di luar kelas. Tersentuhnya perkembangan media sosial dalam ranah pendidikan Islam ini membangkitkan siswa untuk mempelajari Islam yang otentik yang bersumber dari Al-qur’an dan Sunnah secara instan dan mudah. Melatih siswa berfikir secara aktif serta kolaboratif (out of the box).

Published
2020-03-13