Membangun Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Berintegritas Islami
Abstract
Pembelajaran matematika menekankan proses bukan hasil akhir, sehingga siswa tidak hanya mampu menyelesaikan soal dalam matematika, tetapi juga mampu memberikan penjelasan dan interpretasi terhadap apa yang dipelajari. Dengan itu, siswa dapat merasakan manfaat dari pembelajaran matematika, sehingga mereka dapat mencapai pemahaman yang mendalam dan bermakna akan matematika. Untuk mencapai hal tersebut maka digunakan pendekatan kontekstual dimana pendekatan ini mengaitkan antara pengetahuan awal siswa dengan pengetahuan yang baru, sehingga tercipta pengetahuan konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membangun kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika. Desain yang digunakan adalah one group pretest-postest design. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen di SMP Negeri 1 Nibong. Pemilihan sampel dengan teknik sampel acak. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar sedangkan teknik analisis data dengan gain score. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa rata-rata nilai pre-test dan post-test yang telah dianalisis diperoleh bahwa sampel gain bernilai 0,35 atau dalam kategori 0,3 ≤ g < 0,7 (Interpretasi Sedang). Pengujian hipotesis menggunakan statistik parametrik uji-t satu pihak yaitu pihak kanan dengan taraf signifikan α = 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual dapat membangun kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran matematika berintegritas islami.