Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Mempraktikkan Shalat
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengungkap efektivitas penggunaan video pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan mempraktikkan shalat bagi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah al-Wathaniyah Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif (descriptive method). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan video pembelajaran dipandang sangat efektif dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mempraktikkan shalat, video pembelajaran mempermudah guru dalam mengajar, juga sangat mempermudah peserta didik dalam menelaah serta membuat peserta lebih cepat memahami gerakan-gerakan serta bacaan´dalam shalat. Penggunaan video pembelajaran khususnya dalam menerapkan materi pada kemampuan mempratikkan dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mempraktikan shalat dengan adanya suara serta gambar yang dapat mereka lihat secara langsung sehingga merangsang perhatian serta dapat mengasah kemampuan peserta didik dalam mempraktikkan shalat.