PENGGUNAAN MEDIA KANCING DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD PEMBINA BIREUEN

  • Noval Fuadi
Keywords: Media Kancing, Kognitif, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan anak yang belum berkembang dalam mengenal lambing bilangan, anak belum dapat mengenal lambing bilangan, anak belum bisa membedakan lambang bilangan satu dengan bilangan yang lain, anak belum dapat mengenal lambang bilangan sehingga pada saat penulisan masih terbalik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di PAUD Pembina Bireuen dengan menerapkan media kancing. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun dan guru PAUD Pembina Bireuen dengan teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A melalui penerapan media kancing pada siklus I persentase sebesar 40% dengan kriteria Mulai Berkembang (MB) Penelitian pada siklus I telah berhasil meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan tetapi belum mencapai indicator keberhasilan sehingga dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Hasil persentase rata-rata siklus II menunjukkan pencapaian kemampuan anak bahwa Berkembang Sangat Baik dengan nilai rata-rata sebesar 80%. Bedasarkan hasil penelitian bahwa upaya meningkatkan kemampuan kognitif melalui media kancing pada anak kelompok A dapat ditingkatkan maka dapat disimpulkan bahwa dampak penggunaan media kancing memudahkan anak dalam mengembangkan kemampuan kognitif.

Published
2020-06-06