MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF KONSONAN MELALUI MEDIA PUZZLE HURUF DI TK JAYADI SAMAR KILANG ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Dwhy Dinda Sari
  • Kasturi Kasturi
Keywords: Huruf konsonan, media puzzle

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf konsonan melalui media puzzle huruf di tk jayadi samar kilang tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggukan model penelitian dari Kemmis da Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian yakni 13 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui deskripsi kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika presentase masing masing indikator kemampuan mengenal huruf konsonan pada anak telah mencapai >80% dengan kriteria baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa media puzzle huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf konsonan pada anak. Pada tahap pratindakan presentase rata-rata ketercapaian anak baru mencapai presentase 23%, pada pelaksanaan siklus I presentase yang dicapai sebesar 23% tidak terjadi perubahan pada anak, dan pada pelaksanaan tindakan siklus II presentase yang dicapai sebesar 84,6%. Peningkatan dari pratindakan dari siklus I sebesar 23% dan peningkatan dari sik;us I ke siklus II sebesar 61,6%.

Published
2020-06-06