EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI di TKIT BUNAYYA LHOKSEUMAWE

  • Nurhaliza Nurhaliza
Keywords: pengelolaan, pendidikan anak usia dini

Abstract

Selama melakukan praktek pengalaman lapangan (PPL) di TKIT Bunayya Lhokseumawe peneliti melihat  ada keistimewaan dalam pengelolaan pendidikan, keistemewaan tersebut antara lain penerapan nilai keislaman dalam setiap pembelajaran, model pembelajaran sentra, dan jumlah anak didik yang sangat banyak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitattif deskritif. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan tentang pengelolaan pendidikan anak usia di TKIT Bunayya Lhokseumawe dengan berpedoman pada Permendikbud No. 137 Tahun 2014.  Hasil penelitian pengelolaan pendidikan anak usia dini di TKIT Bunayya Lhokseumawe untuk standar tingkat pencapaian perkembangan anak, standar isi, standar proses, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan sudah memenuhi standar sebagaimana yang dimaksud dalam Permendikbud No. 137 Tahun 2014. Sedangkan standar penilaian dan standar pendidik dan tenaga kependidikan belum memenuhi standar sebagaimana yang dimaksud dalam Permendikbud No. 137 Tahun 2014. Faktor pendukung dari pengelolaannya yaitu kental dengan nilai Islami, dan faktor penghambatnya yaitu partisipasi orangtua kurang maksimal sebagaimana yang diharapkan.

Published
2020-06-06