Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Hidden Curriculum dalam Meningkatkan Mutu PAUD melalui Sumber Daya Manusia

  • Anisaturrahmi Anisaturrahmi
Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Islam, Hidden Curriculum, Mutu PAUD, Sumber Daya Manusia

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai pendidikan islam pada hidden curriculum dalam meningkatkan mutu PAUD melalui sumber daya manusia. Hal ini disebabkan meskipun adanya hidden curriculum yang mendampingi core curriculum, tetapi kurikulum tersembunyi terkadang cenderung terabaikan dalam proses pembelajaran di sekolah. Adapun yang menjadi rujukan dalam penulisan artikel ini adalah studi kepustakaan dari beberapa literature terkait substansi yang akan dibahas. Pengkajian artikel ini dilakukan dengan cara analisis deskriptif. Dari kajian artikel ini dapat diketahui bahwa internalisasi nilai-nilai pendidikan islam pada hidden curriculum dianggap penting dalam proses pembelajaran pada lembaga PAUD untuk membentuk pribadi tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik anak usia dini yang cerdas, ceria dan berakhlak mulia. Nilai-nilai pendidikan islam pada hidden curriculum arahnya adalah pada pengembangan pendidikan karakter baik bagi pendidik, tenaga kependidikan, maupun pada peserta didik. Nilai pendidikannya adalah nilai pendidikan aqidah, ibadah, dan akhlak. Diantara contoh-contohnya adalah pertama rutinitas yang dilakukan dalam kurun waktu selama proses pembelajaran berlangsung seperti baris-berbaris ketika masuk kelas, ibadah keagamaan seperti shalat dhuha berjamaah, senam dan lain sebagainya. Kedua, spontanitas yang dilakukan oleh anak usia dini melalui pembiasaan yang dilakukan oleh guru seperti memberi salam, buang sampah pada tempatnya, antri dan lain sebagainya. Ketiga keteladanan berupa keguatan dalam bentuk perilaku sehari-hari yang dilakukan oleh guru untuk selanjutnya diikuti oleh anak usia dini, seperti berpakaianĀ  rapi, disiplin, sopan, berbahasa yang baik dan lain sebagainya. Salah satu kunci keberhasilan pendidikan adalah dengan adanya sumber daya manusia yang kompeten. Cakupannya mulai dari perekrutan staff tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, pengembangan diri setiap staff tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, dan evaluasi kinerja setiap tenaga pendidik dan tenaga kepandidikan yang dilakukan dengan santun dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Published
2020-06-06