Penerapan Kegiatan Pembiasaan Terhadap Pembentukan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Mulo Ara Cangduri

  • Nur Ainun Lubis IAIN Takengon Aceh Tengah
  • Syarifah Ainy Rambe IAIN Takengon Aceh Tengah
  • Husrin Konadi IAIN Takengon Aceh Tengah
  • Maisarah Maisarah IAIN Takengon Aceh Tengah
Keywords: Kegiatan Pembiasaan, Pembentukan Moral

Abstract

Perkembangan nilai-nilai moral adalah kemampuan bersikap, bertingkah laku, dan bertindak. Salah satu metode yang dapat mengembangkan perkembangan nilai moral adalah kegiatan pembiasaan. Pembiasaan adalah kegiatan yang dilakukan secara terus menerus sehingga anak menjadi terbiasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kegiatan pembiasaan terhadap pembentukan moral anak di TK Mulo Ara Cangduri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini manunjukkan bahwa kegiatan pembiasaan dalam pembentukan moral anak di TK Mulo Ara Cangduri ditunjukkan dari beberapa kegiatan pelaksanaan, kegiatan rutin, kegiatan spontan, pemberian teladan, dan kegiatan terprogram.

Kesimpulan  dari hasil kegiatan pembiasaan dalam pembentukan moral anak di TK Mulo Ara Cangduri terlihat dari anak menunjukkan rasa disiplin taat aturan dan tepat waktu, sikap peduli terhadap lingkungan dan temannya, toleransi simpati terhadap teman, tolong menolong, bekerjasama, berbagi sesama teman. Hal ini dibuktikan pada awal datang kesekolah, hingga keluar dari area sekolah.

Published
2021-06-30