KAJIAN FILOSOFI METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN

  • Syarboini Syarboini

Abstract

Tujuan dari pembahasian ini untuk mengetahui metode pendidikan Islam yang terkandung dalam surat al-Baqarah. Sedangka Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian analisis isi (Content Analysis) dengan         pendekatan kualitatif. Sumber data primer adalah al-Qur’an dan terjemahnya beberapa tafsir yang dikaji dalam penelitian ini di antaranya yaitu: tafsir Al Misbah dan tafsir Ibnu Katsir. Sumber data sekunder  merupakan data yang sifatnya mendukung keperluan data primer seperti buku-buku, literatur dan bacaan yang berkaitan dengan metode pendidikan Islam yang terkandung dalam surat al-Baqarah Untuk mendapatkan data yang sesuai dengan pembahasan penelitian  ini, maka data dikumpulkan berdasarkan data literatur, yaitu dilakukan dengan mempelajari bahan-bahan tertulis yang dihimpun dengan cara membaca, mengklarifikasi referensi yang ada kaitannya dengan permasalahan. Informasi yang akurat merupakan suatu hal yang tidak boleh diabaikan  oleh siapapun. Oleh sebab itu, data harus dikumpulkan dengan menggunakan teknik tertentu. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan  oleh peneliti dalam penelitian ini adalah  sebagai berikut: Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data dengan cara mendokumentasikan semua data yang diperlukan dalam proses penelitian terkait permasalahan yang diteliti.Metode content analysis, yaitu menganalisis data dari tafsir Al Misbah mengenai nilai-nilai pendidikan Islam  yang terkandung dalam surat al-Baqarah.1) Reduksi Data; 2)Penyajian Data dan 3) Menarik Kesimpulan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-28
How to Cite
Syarboini, S. (2019) “KAJIAN FILOSOFI METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN”, Sarwah: Journal of Islamic Civilization and Thought, 17(1), pp. 93-118. Available at: https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/sarwah/article/view/533 (Accessed: 4June2020).