BUDAYA PEUSIJEUEK DALAM MASYARAKAT ACEH

  • Yuliza Yuliza IAIN Lhokseumawe
Keywords: Peusijuk, Aceh, Adat

Abstract

Tulisan ini menganalisis budaya peusijuek yang berlangsung di Aceh, yang didukung dari hasil penelitian yang diprakarsai oleh beberapa peneliti yang telah melakukan survey lapangan pada salah satu Kabupaten di Aceh. Upcara peusijuk dilakukan dalam berbagai kegiatan adat yang dilakukan oleh tokoh adat dan maupun tokoh agama yaitu mereka yang memahami dan menguasai hukum agama sebab prosesi peusijuek ini diisi dengan acara mendoakan keselamatan dan kesejahteraan bersama sesuai dengan agama Islam yang dianut secara umum oleh masyarakat Aceh

References

Alamsyah, T.,T. A. Talsya, dan T. A. Jalil., (1990), Pedoman Umum Adat Aceh,LAKA Propinsi Daerah Istimewa Aceh, Banda Aceh.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, (1999), Kamus Besar BahasaIndonesia, Balai Pustaka, Jakarta.
Hasanuddin, (2002), Penggunaan Tumbuhan dalam Upacara Adat padaMasyarakat Aceh, Jurnal Ilmiah Wafa, Pusat Kajian sosial danKemasyarakatan, Bandung.
Kartiwa, S. dan M. Wahyono, (1992), Hubungan antara Tumbuhan danManusia dalam Upacara Adat di Indonesia (Proseding Seminar dan LokakaryaNasional Etnobotani I), Kerjasama Depdikbud-Perpustakaan Nasional-Puslitbang Biologi LIPI, Cisarua, Bogor.
Sulaiman, Nasruddin, Rusdi Sufi, Tuanku Abdul Jalil, (1992), Aceh; Manusia, Masyarakat, Adat dan Budaya, Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh, Banda Aceh.
Walujo, E.B., dkk, (1992), Penggunaan Etnoekologi Secuplikan Masyarakat Etnisdi Indonesia, Makalah KIPNAS V, Herbarium Bogoriense PuslitbangBiologi-LIPI, Bogor.
Published
2020-06-27