STUDI AGAMA DAN SOSIAL: ANALISIS RAGAM PENDEKATAN DAN TINJAUAN KRITIS PENELITIAN ISLAM

  • Miswari Miswari IAIN Langsa
Keywords: Pendekatan, Artikel, Ilmiah, Studi Islam dan Scopus

Abstract

Artikel ini bertujuan mendeskripsikan pendekatan-pendekatan studi agama yang berkembang. Pendekatan Antropologi dugunakan untuk meneliti manusia beragama dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Pendekatan Feminisme digunakan untuk meneliti perempuan dan keberagamaannya. Pendekatan fenomenologi digunakan untuk meneliti fenomena keberagamaan suatu masyarakat. Pendekatan, filosofis digunakan untuk meneliti nilai-nilai, filosofis dalam keagamaan. Pendekatan teologi digunakan untuk meneliti dasar-dasar keyakinan agama. Pendekatan sosiologi digunakan untuk meneliti konstelasi sosial masyarakat beragama. Pendekatan psikologi digunakan untuk meneliti gejala kejiwaan terkait agama. Tulisan ini menghasilkan beberapa problem penelitian keagamaan islam oleh para sarjana perguruan tinggi Islam. Ditemukan bahwa sebenarnya pendekatan dan teori yang berkembang untuk studi agama sebenarnya tidak benar-benar ilmiah.  Sehingga tidak seharusnya semua sarjana dipaksakan menghasilkan karya ilmiah sesuai standar Barat. Karena berpeluang merusak moral. Terdapat alternatif menyuguhkan data hasil penelitian yakni menuliskannya dalam bentuk novel.

References

Eliade, Mircea. The Myth of the Eternal Return: Cosmos and History. Princeton: Princeton University Press, 2018.
Geertz, Clifford. Hayat Dan Karya: Antropolog Sebagai Penulis Dan Pengarang. Yogyakarta: LKiS, 2002.
Gellner, David N. “Pendekatan Antropologi Dalam Studi Agama.” In Aneka Pendekatan Studi Agama, edited by Peter Connelly, 25. Yogyakarta: IRCiSoD, 2016.
Latifi, Yulia Nasrul. “REKONSTRUKSI PEMIKIRAN GENDER DAN ISLAM DALAM SASTRA: Analisis Kritik Sastra Feminis Terhadap Novel Zaynah Karya Nawal As-Sa’dawi.” Musãwa Jurnal Studi Gender dan Islam (2016).
Marx, Karl, and Frederick Engels. Manifesto Partai Komunis. Jakarta: Yayasan Pembangunan, 1959.
Miswari. “Filosofi Komunikasi Spiritualitas: Huruf Sebagai Simbol Ontologi Dalam Mistisme Ibn ’Arabî.” Al-Hikmah 9, no. 14 (2017): 12–30.
———. Tasawuf Terakhir. Yogyakarta: Zahir Publishing, 2020.
Muhammad Anso. “Agensi Perempuan Kristen Di Aceh.” UIN Jakarta, 2019.
Nasution, Ismail Fahmi Arrauf, Miswari, and Ilham Dwitama Haeba. “Traditionalism of Tolerance in Dayah System: A Reflective Note on the Biography of Abon Aziz Samalanga of Aceh.” Religia 23, no. 1 (2020).
Nasution, Ismail Fahmi Arrauf, and MIswari Miswari. “AL-‘ULAMĀ’ WARATHAT AL-ANBIYĀ’: Modernity and Nurture of Authority in Aceh Society.” Jurnal THEOLOGIA 30, no. 2 (December 23, 2019): 197. http://journal.walisongo.ac.id/index.php/teologia/article/view/3845.
Northcott, Michael S. “Pendekatan Sosiologi Dalam Studi Agama.” In Aneka Pendekatan Studi Agama, edited by Peter Connely. Yogyakarta: IRCiSoD, 2016.
Parsons, Talcott. The Social System. London: Routledge, 2013.
Sobur, Alex. Filsafat Komunikasi: Tradisi Dan Metode Fenomenologi. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2012.
Stuard, Susan Mosher. “Matilda Gage Writes a World History of Women.” Women’s History Review 26, no. 6 (November 2, 2017): 900–914. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/09612025.2016.1228282.
Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Historical Fact and Fiction. Kuala Lumpur: UTM, 2011.
Waardenburg, Jacques. Classical Approaches to the Study of Religion: Aims, Methods, and Theories. Berlin, Boston: Walter de Guyter, 2017.
Weber, Max. Sosiologi Agama. Yogyakarta: IRCiSoD, 2012.
Whaling, Frank. Pendekatan Teologi. Edited by Peter Connelly. Yogyakarta: IRCiSoD, 2016.
Published
2020-12-31

Most read articles by the same author(s)