INTERAKSI DA’I DAN MAD’U TENTANG PENGUASAAN MEDIA DAN METODE DAKWAH DALAM MENCAPAI HASIL DAN TUJUAN DAKWAH

  • Hafniati Hafniati Institut Agama Islam (IAI) Al Ghurabaa Jakarta
Keywords: Interaksi Dai, Mad'u, Media Dakwah, Metode Dakwah

Abstract

Keberhasilan dakwah merupakan hasil Interaksi da’i dan mad’u dalam suatu bentuk hubungan nya yang  saling mempengaruhi antara satu dengan lainnya, sehingga timbul kemungkinan-kemungkinan untuk saling mengubah atau memperbaiki perilaku masing- masing secara timbal balik. Metode dakwah adalah cara-cara tertentu yang dilakukan oleh seorang da'i (komunikator) kepada mad’u untuk mencapai suatu tujuan atas dasar hikmah dan kasih sayang. metode dakwah itu meliputi tiga cakupan, yaitu: Bi al hikmah, Mau’idhah al hasanah dan Mujadalah bi allati hiya ahsan. Adapun Sumber Metode Dakwah adalah: Al Quran, Sunnah Rasul, Sejarah Hidup para Sahabat, dan pengalaman. Media dakwah yaitu segala sesuatu yang dipergunakan atau menjadi penunjang dalam menyampaikan pesan da’i kepada mad’u. Atau dengan kata lain bahwa segala sesuatu yang dapat menjadi penunjang/alat dalam proses dakwah yang berfungsi mengefektifkan penyampaian ide (pesan) dari da’i kepada mad’u. Media yang digunakan seorang da’i beragam tergantung kemampuan da’i dalam menguasai media yang akan digunakan dan latar belakang mad’u. Tujuan utama dakwah ialah mewujudkan kebahagiaan dan kesejahteraan hidup di dunia dan di akhirat yang diridhai oleh Allah SWT. Seorang da’i dituntut untuk dapat menguasai metode dan media yang tepat dan benar, serta melakukan pendekatan-pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan, situasi dan kondisi mad’u sehingga tujuan dakwah dapat terealisasi

References

Anshari, Endang Saifudin, Wawasan Islam, Jakarta: Rajawali, 1996.
Arifin, M., Psikologi Dakwah, Jakarta: Bulan Binntang, 1997.
Aziz, Moh. Ali, Ilmu Dakwah, Cet. I, Jakarta: Kencana, 2004.

Amin, Samsul Munir. 2009. Ilmu Dakwah. Jakarta: Hamzah.
Achmad, Amrullah, Dakwah Islam dan Perubahan Sosial, Yogyakarta: Prima Duta,1983
Adisasono (et al), Solusi Islam atas Problematika Umat, Jakarta: Gema Insani Press, 1998
Faizah dan Lalu Muchsin Effendi, Psikologi Dakwah, 2006, Jakarta : Prenada Media
Hasanudin, Hukum Dakwah, Cet. I, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1996.
Ilaihi Wahyu,2010, “ Komunikasi Dakwah”, Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA
Jumantoro, Totok, Psikologi Dakwah dengan aspek – aspek kejiwaan yang Qur’ani, 2001,Jakarta : Amzah
Kusuma, Widjaja, Pengantar Psikologi , 1969, Jakarta : Interaksara
Munir, Metode Dakwah, Cet. I, Jakarta: Kencana, 2003.
Munir, Muhammad dan Wahyu Ilahi, Managemen Dakwah, Cet. I, Jakarta: Kencana, 2006.
Nata, Abudin, Metodologi Studi Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1998.
Pahlawan Khatib kayo, 2007, “Manajen Dakwah” dari dakwah konvensional menuju dakwah profesional , Jakarta : Hamzah
Partowisastro, Koestoer, Dinamika Psikologi Sosial, 1983, Jakarta Pusat : Erlangga
Rahmat, Jalaluddin, Retorika Modern, Sebuah Kerangka Teori dan Praktik Berpidato, Bandung: Akademika, 1982.
Rakhmat Jalaludin, 2008, “ Psikologi Komunikasi” , Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA.
Syabibi, Ridho. 2008. Metodologi Ilmu Da’wah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Syukir, Asmuni. 1983. Dasar- dasar Strategi Dakwah Islam. Surabaya: Al- Ikhlas
Shihab, M.Quraish. 2000. Tafsir Al-Mishbah Jilid.2. Jakarta: Lentera Hati
Ya’qub, Hamzah. 1992. Publisistik Islam, Teknik dakwah & Leadership. Bandung: CV. Diponegoro.
Published
2020-12-31