PELAYANAN AKADEMIK DAN KEPUASAN MAHASISWA: STUDI KASUS SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI TEUNGKU DIRUNDENG MEULABOH

  • Muhammad Ridhwan Fakultas Ilmu Sosial Terapan, Universiti Sultan Zainal Abidin, Malaysia
  • Norizan Abdul Ghani Fakultas Informatika dan Komputer, Universiti Sultan Zainal Abidin, Malaysia
  • Mirna Ria Andini Fakultas Informatika dan Komputer, Universiti Sultan Zainal Abidin, Malaysia
Keywords: Kepuasan Mahasiswa, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Sarana Akademik, Lembaga Pendidikan

Abstract

STAIN Teungku Direundeng Meulaboh adalah institusi pendidikan dengan pendelegasian wewenang manajemen untuk memenuhi penjaminan mutu kepada siswa di setiap program studi. Pelayanan akademik merupakan kegiatan atau serangkaian kegiatan tak kasat mata yang terjadi karena interaksi antara siswa dan staf yang diberikan oleh pihak pengelola kampus yang bertujuan untuk memecahkan masalah siswa.Adapun pertimbangan metode kualitatif dalam penelitian ini adalah peneliti memperoleh aspek penting terkait pelaksanaan pelayanan akademik dan administrasi STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.Kepuasan siswa terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh menemukan bahwa tingkat kepatuhan akademisi terhadap peraturan yang ditetapkan oleh STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh belum optimal.Ada dosen yang memberikan pelayanan yang layak dengan tidak mengikuti kelas sampai tujuh kali.Hampir semua aspek kualitas layanan yang meliputi empati, reliabilitas, dan daya tanggap tidak optimal.

Keywords: Kepuasan Mahasiswa, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Sarana Akademik, Lembaga Pendidikan

References

Abdurrahman, D., & Prasetyo, T. P. (2016). Mengukur Tingkat Kepuasan Mahasiswa dalam Pembelajaran dengan Memnggunkan Sistem Pakar (Studi Kasus: Mahasiswa Teknik Informatika). Jurnal J-Ensitec, 2 (2).

Alvianti. (2005). Manajemen Kualitas Pendekatan Sisi Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Apriliana, A. F., Santoso, S., & Sumaryati, S. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Mahasiswa BKK Pendidikan Akutansi Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. JUPE UNS, 2 (3), 211-223.

Bansal, H. S., & Taylor, S. (2014). Investigating the Relationship Between Service Quality, Satisfaction and Switching Intentions. Proceedings of the 1997 Academy of Marketing Science (AMS) Annual Conference (pp. 304-313). Springer Link.

Douglas, J. (2015). Student satisfaction and dissatisfaction: a study in the higher education context. . E-Thesis Online Service .

Ebisine, S. S. (2014). Academic Quality Assurance in the Colleges of Education: Challenges and Ways Forward for Future Development. Journal of International Letters of Social and Humanistic Sciences (13), 1-9.

Kanca, I. N., & Dartini, N. P. (2015). Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Akademik Jurusan Penjaskesrek. Jurnal Penjakora. Jurnal Penjakora, 2 (2).

Lien, P. T. (2017). Training Service Quality and its Effects on Student Satisfaction: Case of a Vietnam University. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7 (4), 99-110.

Moely, B. E., & Ilustre, V. (2014). The Impact of Service-Learning Course Characteristics on University Students' Learning Outcomes. Michigan Journal of Community Service Learning, 21 (1), 5-16.

Mukhopadhyay, D. K. (2016). Students' perception of quality of medical education in a medical college in west Bengal, India. Indian Journal of Public Health, 60 (1), 4-9.

Mulyawan, A., & Sidharta, I. (2014). Determinan Kualitas Layanan Akademik di STMIK Mardira Indonesia Bandung. Jurnal Comptech & Bisnis, 8 (1), 13-24.

Nugraha, N., Nasution, A., & Amaranti, R. (2016). Pengembangan Model Services Quality Untuk Peningkatan Kualituas Layanan Akademik Internal di Perguruan Tinggi. Ethos: Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 4 (2), 191-198.

Partawibawa, A., Fathudin, S., & Widodo, A. (2014). Peran Pembimbing Akademik Terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22 (2).

Purcărea, V. L., Gheorghe, L. R., & Petrescu, C. M. (2013). The Assessment of Perceived Service Quality of Public Health Care Services in Romania Using the SERVQUAL Scale. Procedia Economics and Finance, 6, 573-585.

Purnama, N. (2006). Manajemen Kualitas: Perspektif Global. Yogyakarta: Ekonisia.

Ratminto, & Winarsih, A. S. (2009). Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rinala, I. N., Yudana, I. M., & Natajaya, I. N. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa pada Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. Jurnal Penelitian Pascasarjana UNDIKSHA, 4 (1).

Sani, K., Winarno, W. W., & Fauziati, S. (2015). Strategi Peningkatan Model Layanan Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Framework ITIL V.3 dan COBIT 4.1 di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Semnasteknomedia Online, 3 (1), 25-30.

Sopiatin, P. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Stukalina, Y. (2014). Identifying Predictors of Student Satisfaction and Student Motivation in the Framework of Assuring Quality in the Delivery of Higher Education. Journal: Business, Management and Education (1), 127-137.

Tjiptono, F. (2004). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2000). Perspektof Manajemen dan Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Vorasaiharit, N., & Thawesaengskulthai, N. (2016). Integration of SERVQUAL Model with Quality Function Deployment to enhance Library’s Service Quality. International Conference on Engineering Technologies and Big Data Analytics (ETBDA’2016) , 78-84.

Woodal, T., Hiller, A., & Resnick, S. (2014). Making sense of higher education: students as consumers and the value of the university experience. Journal od Studies in Higher Education, 39 (1), 48-67.

Yousapronpaiboon, K. (2014). Measuring Higher Education Service Quality in Thailand. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 1088-1095.
Published
2018-12-24
How to Cite
Ridhwan, M., Ghani, N., & Andini, M. (2018, December 24). PELAYANAN AKADEMIK DAN KEPUASAN MAHASISWA: STUDI KASUS SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI TEUNGKU DIRUNDENG MEULABOH. Jurnal Ekonomi Syariah, Akuntansi Dan Perbankan (JESKaPe), 2(2), 47-58. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/jeskape/article/view/370