INFORMASI AKUNTANSI SEBAGAI ALAT PERENCANAAN STRATEGIS

(Kajian Pada Perencanaan Strategi Dalam Suatu Organisasi)

  • Juliana Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Lhokseumawe
Keywords: Accounting Information, Strategic Planning

Abstract

This study aims to provide information to stakeholders users accounting information of a company in decision making. This research uses research design is explanatory (explanatory research). This research is focused on strategic planning in an organization by using accounting information as its tool. The maturity of organizational information systems planning is defined as how far the information system planning process helps create opportunities for information systems to make a strategic contribution to the organization. Accounting is applied basically all aspects of strategic management, so that accounting serves as a tool in strategic management.

Keywords: accounting information, strategic planning

References

Anis Chariri. 2003. Teori Akuntansi. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Barth, Mary E., Beaver, William H., dan Landsman, Wayne R. 2001. The Relevance of the Value Relevance Literature for Financial Accounting Standard Setting: Another View. Journal of Accounting and Economics, Vol. 31

Belkaoui, A.R. 2007. Teori Akuntansi. Terjemahan oleh Ali Akbar Yulianto dan Krista. Edisi Kelima. Jilid kedua. Jakarta:Salemba Empat

Brealey, Richard A.; Myers Stewart C. dan Marcus, Alan J. 2008. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Erlangga

Brigham, F. Eugene dan Houston, Joel, F. 2001. Manajemen Keuangan, Edisi 8, Buku II, Jakarta: Erlangga.

Brigham, F. Eugene dan Houston, Joel, F. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta:Salemba Empat.

Chandrapala, P. 2013. The value relevance of earnings and book value. The Importance of ownership concetration and firm size. Journal of Competitiveness.

Febriano, R. dan Widiastuty, E. 2005. Tiga Angka Laba Akuntansi: Mana yang lebih bermakna bagi investor? SNA VIII (Solo

Hendriksen Eldon S, Michael F. Van Breda. Alih Bahasa Herman Wibowo.2000. Teori Akuntansi Buku Satu, Edisi kelima. Jakarta: Interaksa.

Indriantoro, Nur dan Supomo, Bambang. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE

Kieso, Donald E dan Weygant. 2010. Accounting Intermediete. Terjemahan Sutisyruna Nofriani. Jilid 2, Edisi Keduabelas, Jakarta: Penerbit Erlangga

Kusuma, H. 2006. Dampak manajemen laba terhadap relevansi informasi akuntansi: Bukti empiris dari Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 1-12,

Kusumo, Yuro Bimo. 2013. Relevansi Nilai Informasi Akuntansi, Sebelum Adopsi IFRS dan Setelah Adopsi IFRS Pada Perusahaan yang Tercatat dalam Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Malang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Puspitaningtyas, Z. 2012. Relevansi nilai informasi akuntansi dan manfaatnya bagi investor. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan.

Riyanto, Bambang. 2008. Dasar-Dasar Pembelajaran Perusahaan. Edisi 4. BPFE.

Subekti, Imam. 2012. Relevansi Nilai Atas Informasi Akuntansi, Struktur Kepemilikan Saham, dan Afiliasi Group Bisnis Pada Perusahaan Publik di Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi XV, 20-23 September 2012.

Sudana, I Made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan: Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Yadianti, Winwin. 2011. Teori Akuntansi Suatu Pengantar. Edisi Pertama. Jilid Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Published
2017-12-20
How to Cite
Putri, J. (2017, December 20). INFORMASI AKUNTANSI SEBAGAI ALAT PERENCANAAN STRATEGIS. Jurnal Ekonomi Syariah, Akuntansi Dan Perbankan (JESKaPe), 1(2), 79-98. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/jeskape/article/view/350

Most read articles by the same author(s)