FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTEREST OF REVISIT WISATAWAN PADA WISATA UJONG BLANG KOTA LHOKSEUMAWE

  • Juliana Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Lhokseumawe
  • Fitria Andriani UIN Sunan Kalijaga
Keywords: Service Quality, Tourism Image, Tourist Attraction, Promotion, Interest of Return Visits, Ujong Blang Tourism

Abstract

Traveling is a necessary thing in everyday life, traveling on a tour can eliminate boredom and can remember thoughts of everyday problems. A good tourist spot will greatly affect the desire to make a visit on that tour, and a good tourist spot will be interesting to make a repeat visit on that tour. The research aims to see the effect of service influence, tourism image, tourist attraction and promotion partially and simultaneously on the interests of visiting tourists. This research uses quantitative methods. Sampling combines accidental sampling and purposive sampling, involving 97 tourists as respondents. Data processing using multiple linear regression with IMB 22 statistical tools: The results of data analysis show that service quality (X1) does not have a significant effect on the interest of returning tourists with a significant value of 0.394> 0.05. The results of data analysis show that the tourism image ( X2) has a significant effect on the interest of returning tourists with a significant value of 0.000 <0.05. The results of data analysis show that tourist attraction (X3) has a significant effect on the interest of returning tourists with a significant value of 0.031 <0.05, the results of data analysis show that Promotion (X4) has a significant effect on the interest of returning tourists with a significant value of

0.022 <0.05 on testing service quality, tourism image, tourist attraction, promotion is able to influence the interest of returning visits simultaneously where the significance value is 0.000 <0.05.

References

Amalia,Rizka “ teori behavioristik” artikel diajukan kepada fakultas agama islam, program studi pendidikan agama islam, universitas muhammadiyah sidoarjo, tahun 2017,dalam http:// eprints.umsida.ac.id, diakses 30 Juni 2020

Anggraeni, Dewi Mei Pengaruh Pelayanan Dan Promosi Terhadap Minat Kunjung Kembali Wisatawan Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening Pada Wisata Pemancingan Dewandaru Kecamatan Gunung Pati Semarang, Skripsi diajukan Kepada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2019, dalam http://eprints.walisongo.ac.id, diakses 28 Juni 2020

Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek , Jakarta : Rineka Cipta, 2002.

Ayu Wiratini, Ni Nyoman Nyoman Djinar Setiawina, Ni Nyoman Yuliarmi , “ Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Pada Daya Tarik Wisata Di Kabupaten Badung”, E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.1(2018):279-308, ISSN: 23337-3067. Dalam http://ojs.unud.ac.id, diakses 27 Juni 2020

Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta : Kencana, 2006.

Damayanti,Mailiza Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjung Ulang Pada Obyek Wisata Pemandian Air Panas Guci Di Kabupaten Tegal, Skripsi diajukan kepada Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang, 2015, dalam http://digilip.unila.ac.id, diakses pada 29Juni 2020.

Danang Sunyoto, Analisis Data, Yogyakarta : CAPS, 2014.

Gani, Irwan Dan Siti Amalia, alat analisis data : Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi Dan Sosial, yogyakarta: Andi, 2015.

Gheraldin bella, Aviolitasona , “ “ pengaruh citra destinasi terhadap minat kunjung ulang wisatawan umbul sewu pengging, boyolali”, Skripsi diajukan kepada Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Negeri Surakarta, 2017, dalam http://eprint.iain-surakarta.ac.id/1705, diakses 27 Juni 2020.

Handawan, Y Galih “ Pengaruh Citra Destinasi Pariwisata Waduk Sermo Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung Ulang”, Skripsi diajukan kepada Program Studi Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2015, dalam https://repository.usd.ac.id ,diakses 30 Juni 2020

http://ciputrauceo.net/blog/6109/2016/2/18/kualitas-pelayanan-dimensi-dan-cara mengukurnya, diakses pada 27 Juni 2020.

http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/16713/BAB%20I%20Pendahulu an.pdf?sequence=5&isAllowed=y, diakses pada tanggal 26 juni 2020

https://id.m.wikipedia.org/wiki/pantai_Ujong_Blang. diakses pada 15 Juli 2020

Https://lektur.id/arti-citra-wisata/, diakses pada 27 Juni 2020.

https://www-ajnn-net.cdn.ammproject.org/v/swww.ajnn.net/news/pantai-ujong-blan- destinasi-wisata-tertua-lhokseumawe/amp.html?amp, diakses 27 Juni 2020

Jusmawanti, “ Analisis Perbandingan Faktor- Faktoe Yang Memepengaruhi Minat Berkunjung Ulang (Interest Of Revisit) Wisatawan Pada Wisata Pantai Marina Dan Pantai Tanjung Bira”, Sripksi diajukan kepada jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2018 dalam http://repositori.uin.alauddin.ac.id/12298, diakses pada 27 Juni 2020

Kadir, “Statistika Terapan Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/ Lisrel dalam Penelitian “ Jakarta : Rajawali Pers, 2015.
Karimah, Nur Rohmah “Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung”, Skripsi diajukan kepada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Negeri Surakarta, 2018, dalam http://eprints.iain-surakarta.ac.id, diakses 27 Juni 2020

Kompasiana,https://amp.kompas.com, diakses pada tanggal 26 juni 2020
Muksin, Ketut daya tarik wisata, modul diajukan untuk jurusan biologi fakultas mipa dan ilmu pengetahuan alam universitas udayana 2016. Dalam https://simdos.unud.ac.id/upload/file , diakses 27 Juni 2020

Nugraha, Nada Bangun “ Pengaruh Promosi Online Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan”, Skripsi diajukan kepada Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Yogyakarta, 2018, dalam http://digilib.uin-suka.ac.id, diakses 28 Juni 2020.

Pengertianpariwisatahttps://abstraksiekonomi.blogspot/com/2014/04/pengertian- wisatawan.html?m=1, diakses pada tanggal 27 Juni 2020

Santoso dan Slamet, Penelitian Kuantitatif Metode dan Langkah Pengolahan Data, Ponorogo : Umpo Press, 2015.

Sidik priadama dan saludin Muis, Metodelogi penelitian ekonomi dan bisnis,( Yogyakarta: Grafa ilmu 2009.

Siregar, Syofian Metode Penelitan Kuantitatif, Jakarta: Prenada Media Group, 2013. Sopyan, “ Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Pengunjung Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening”,Skripsi diajukan kepada Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang, 2015, dalam http://eprints.undip.ac.id.h.16 diakses 27 Juni 2020

Subagyo, Joko Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Sulaksana,Wildan “ Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Konsumen Bengkel Global Motor Center Yogyakarta”, Skripsi diajukan kepada program studi Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2017, dalam http://repository.usd.ac.id., diakses 30 Juni 2020

Suryani dan Hendryadi, Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam, Cet. III, Jakarta : Prenada Media Group, 2018.

Suryani, Dhiajeng Dwi “ Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Kunjung Kembali Wisatawan di Pulau Pahawang ”, Skripsi diajukan pada program studi Managemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universias Sanata Dharma Yogyakarta, 2017, dalam https://repository.usd.ac.id/28960/2/142214211-diakses 27 Juni 2020.

Sya Ali Baginda, Strategi Pengembangan Fasilitas Guna Meningkatkan Daya Tarik Minat Wisatawan Di Darajat Pass ( Waterpark) Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut, 2016, Skripsi diajukan Kepada Universitas Pendidikan Indonesia, dalam http:// repository .upi.edu,h.12 diakses 30 maret 2020.

Wardani, Tri Ulfa “ Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Jasa Transportiasi Gojek”, Skrpsi diajukan kepada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan , 2017 , dalam http://epository.uinsu.ac.id/3449 , diakses 30 Juni 2020
Published
2021-06-03
How to Cite
Putri, J., & Andriani, F. (2021, June 3). FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTEREST OF REVISIT WISATAWAN PADA WISATA UJONG BLANG KOTA LHOKSEUMAWE. Jurnal Ekonomi Syariah, Akuntansi Dan Perbankan (JESKaPe), 5(1), 1-15. https://doi.org/https://doi.org/10.52490/jeskape.v5i1.1077