Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

 PETUNJUK PENULISAN NASKAH

  1. Jurnal JESKaPe hanya menerima naskah ilmiah orisinil, belum pernah dipublikasikan, dan mengandung unsur
  2. Ditulis dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Arab atau Bahasa
  3. Judul tulisan harus akurat, singkat, informatif, jelas dan mudah dipahami. Judul ditulis dengan dua bahasa, bahasa isi tulisan (Bahasa Indonesia atau Arab) dan bahasa Inggris. Penulisan judul dapat memadukan huruf kapital untuk judul utama dan huruf kecil untuk anak
  4. Nama penulis dan institusi serta alamat penulis untuk korespondensi dicantumkan dibawah judul. Nama penulis dicetak tebal dengan huruf besar pada setiap awal nama tanpa singkatan
  5. Abstrak ditulis sebelum pendahuluan, berbahasa Inggris, maksimal 250 kata dan cetak
  6. Kata kunci, maksimal 5 (lima) kata, ditempatkan di bawah
  7. Tulisan minimal terdiri dari:
    • Pendahuluan

Bagian ini dapat menggunakan kata yang lebih sesuai dengan isi; tidak kaku dengan kata “pendahuluan”. Intinya memuat urgensi masalah yang diteliti. Ia juga memuat secara singkat dan jelas rumusan masalah dan metode untuk menjawab masalah penelitian. Dukungan teori tidak perlu dimasukkan, tapi penelitian sejenis dapat dinyatakan.

  • Pembahasan

Bagian ini tidak harus menggunakan kata “pembahasan” atau “hasil penelitian”. Ia memuat data (ringkas), analisis dan interpretasi terhadap hasil. Bagian ini harusnya mengambil proporsi 50% atau lebih dan bisa dibagi jadi beberapa sub bab.

  • Penutup

Memuat kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab rumusan masalah, hasil penelitian secara ringkas, bukan mengulang teori. Saran dapat berupa rekomendasi kepada pihak terkait dan penelitian lanjut yang dirasa perlu.

  • Daftar Pustaka

Hanya memuat referensi yang benar-benar dirujuk; tertulis pada bagian- bagian sebelumnya. Sistematika penulisannya disusun secara alfabetis.

  1. Untuk jurnal ilmiah: nama (nama-nama) penulis, tahun publikasi, judul tulisan, nama jurnal, volume (edisi/issue):
  2. Untuk prosiding: nama (nama-nama) penulis, tahun publikasi, judul tulisan, nama seminar, lokasi dan tanggal, editor (jika ada), penerbit (jika ada).
  3. Untuk buku: nama (nama-nama) penulis, tahun penerbitan, judul buku, edisi, kota tempat terbit, nama penerbit, nomor
  4. Sumber pustaka dari bab buku: nama (nama-nama) penulis, tahun penerbitan, judul bab buku, Dalam: judul buku (editor), nama penerbit, kota tempat terbit (dan negara bila perlu), nomor
  5. Sumber pustaka dari Tesis/Disertasi: nama (nama-nama) penulis, tahun publikasi, judul tesis/disertasi, Tesis/Disertasi (pilih yang sesuai), Program Pasca Sarjana, nama Universitas, Kota tempat
  6. Untuk buku terjemahan: nama penulis, tahun publikasi, judul bahasa Indonesia. Diterjemahkan oleh: penerjemah. Judul asli, nama penerbit dan kota tempat terbit. Jumlah
  7. Internet: nama penulis, tahun publikasi, judul tulisan, alamat URL website (diakses: tanggal bulan tahun).
  8. Detail tata cara penulisan adalah:
  • Format halaman satu kolom
  • Ukuran tepi (margin) untuk setiap sisinya 3
  • Nomor halaman tidak
  • Jarak antar baris 1.5 (kecuali bagian yang diatur khusus) pada kertas A4 dengan huruf Times New Roman 12,
  • Berjumlah 10 s/d 20 halaman (di luar lampiran dan daftar pustaka).
  • Bagian judul, nama penulis, institusi, ABSTRAK, ABSTRACT, dan kata kunci/key words ditulis menggunakan jarak 1
  • Teks pada awal paragraf ditulis menjorok ke kanan dengan jarak TAB 2
    • Gambar atau ilustrasi diberi nama (caption) di bawahnya. Nama caption ditulis dengan spasi 1 tanpa cetak tebal menggunakan centre alignment.
    • Mulai bagian DAFTAR PUSTAKA ditulis dengan jarak 1 spasi dan after space 12 pts. Isi DAFTAR PUSTAKA ditulis dengan hanging indent 1.27 cm dan tidak dicetak miring pada seluruh
  1. Sistematika penyusunan naskah yang isinya bukan hasil penelitian, tetap merujuk format di atas. Penyesuaian dapat dilakukan seperlunya, seperti peniadaan metode
  2. Penulisan rujukan, kutipan dalam tulisan, dan daftar pustaka menggunakan format APA (American Psycological Assosiation) edisi ke-VI. Penulisan rujukan dan kutipan dalam tulisan menggunakan catatan perut (body note). Catatan kaki untuk referensi tidak dianjurkan, kecuali untuk penjelasan yang sangat diperlukan di luar alur tulisan. Jika terdapat rujukan dalam catatan kaki, maka penulisannya tetap menggunakan body note.
  3. Bagian akhir tulisan dilengkapi deskripsi singkat tentang penulis; memuat biografi akademis ringkas, seperti penelitian yang pernah dilakukan, pelatihan yang telah diikuti, atau karya ilmiah yang sudah dibuat. Bagian ini juga menginformasikan nomor ponsel dan alamat surat elektronik

 

Teknik penulisan kutipan

  1. Kutipan langsung kurang dari 40 kata:
    • Jika kutipan berada di tengah kalimat:

Pengusiran warga Syiah di Sampang menggugurkan pernyataan Nasikun (2012) bahwa “konflik ideologis memang lebih mudah disimak di dalam hubungannya dengan perbedaan-perbedaan agama” (hlm. 86) namun pertentangan yang lebih rumit justru terjadi dalam perbedaan aliran di sebuah agama.

  • Jika kutipan berada di akhir kalimat:

Pengusuran warga Syiah di Sampang menunjukkan pertentangan rumit dari perbedaan aliran di sebuah agama, hal ini menggugurkan pernyataan “konflik ideologis memang lebih mudah disimak di dalam hubungannya dengan perbedaanperbedaan agama” (Nasikun, 2012, hlm. 86).

  1. Kutipan langsung 40 kata atau lebih

Penulisan kutipan langsung semacam ini ditulis di baris baru. Kutipan ini diletakkan menjorok ke kanan, rata dengan kalimat pertama di awal paragraf. Apabila terdapat paragraf baru dalam teks yang dikutip, maka letak baris pertama lebih menjorok ke kanan setengah inci. Di bagian akhir rujukan ditulis nama belakang penulis, tahun terbit dan halaman teks yang dikutip. Huruf dalam kutipan semacam ini menggunakan ukuran 11 pt. Contoh:

Perubahan ritual dalam pernikahan tampak dalam kemunculan:

Upacara tukar cincin tersebut tampaknya sejauh ini berlaku hanya di kalangan pelajar saja, yang cenderung bertunangan lama-lama sebagai akibat dari masa sekolah yang panjang.

Untuk kebanyakan orang, sekalipun dalam banyak kasus, anak laki- laki dan perempuan sudah sampai kepada saling pengertian dalam hal ini, namun pola lama lamaran resmi dari orangtua pihak pria masih dilaksanakan, setidaknya dalam bentuk formalnya. (Geertz, 2013, hlm. 64).

  1. Kutipan tidak langsung/parafrase

Kisaran suku bangsa di Indonesia menjadi polemik di antara Indonesianis. Tentang berapa jumlah suku-bangsa yang sebenarnya ada di Indonesia, ternyata terdapat berbagai-bagai pendapat yang tidak sama di antara para ahli ilmu kemasyarakatan (Nasikun, 2012, hlm. 44).

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.