https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/issue/feed ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan 2021-02-24T16:06:45+00:00 TAUFIQ HIDAYAH taufiqhidayah@iainlhokseumawe.ac.id Open Journal Systems <p><strong><a href="https://scholar.google.co.id/citations?hl=id&amp;user=oU2KKzsAAAAJ&amp;view_op=list_works&amp;gmla=AJsN-F72MC2CEk4Hcff24g4YP_FOnVvsw9AzNXK6B4Wvbah31_KNH2wkqwVDMB315oOXVepVjeU_HYDsZgI5cbZISQ2tx4XNkwyG7yqC0P1NRDPVPzisNIc" target="_blank" rel="noopener">ITQAN</a>: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan</strong> is a scholarly journal on the field of educational science published by Faculty of <em>Tarbiyah</em>&nbsp;and Teacher Training of State Islamic Institute IAIN Lhokseumawe, Aceh, Indonesia. it is a biannual journal issued on June and December.</p> <p>The Scope of Itqan journal included the area of :</p> <p>(1) Islamic Education;</p> <p>(2) English Language Teaching Education;</p> <p>(3) Arabic Language Education; (4) Mathematics Education;</p> <p>(5) Islamic Educational Management;</p> <p>(6) Bahasa Indonesia Education;</p> <p>(7) Early Childhood Education;</p> <p>(8) Primary Level Education,</p> <p>and any other educational Islamic studies related to Islamic education.</p> <p><strong>All the articles published in this journal have a unique DOI number with a prefix 10.47766.</strong></p> https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/1004 PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO AND FOUR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS POKOK-POKOK LAPORAN PERJALANAN 2021-02-24T16:06:44+00:00 Anggi Damora Sari anggidslbs@gmail.com Rosmawaty Harahap rosmawati.harahap20@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran <em>the power of two amd four</em> terhadap kemampuan menulis pokok-pokok laporan perjalanan oleh siswa kelas VIII MTs. Aisyiyah Sumatera Utara. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 57 orang yang terdiri dari dua kelas. Dari jumlah populasi ini ditetapkan seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara<em>random sampling.</em> Peneliti mengambil kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan VIII-B sebagai kelas kontrol.Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Instrumen data yang digunakan&nbsp; adalahtes essai menulis pokok-pokok laporan perjalanan dalam bentuk tertulis dan teks laporan perjalanan yang akan diperdengarkan oleh siswa dengan menggunakan metode <em>the power of two and four.</em>Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata yang diajarkan menggunakan metode <em>the power of two and four</em> yaitu 81,02 dengan kategori nilai yang sangat baik. Nilai rata-rata yang diajarkan menggunakan metode konvensional atau ceramah yaitu 58,33 ini berarti kemampuan menulis pokok-pokok laporan perjalanan tergolong dalam kategori kurang. Hipotesis diuji menggunakan rumus t-tes pada taraf signifikan 5% atau = 0,05. Dari hasil analisis yang dilakukan maka penggunaan metode pembelajaran <em>the power of two and four</em>&nbsp; memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis pokok-pokok laporan perjalanan. Harga t<sub>hitung</sub>&gt; t<sub>tabel</sub> = 1,81&gt; 1,67 sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> 2020-12-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/1005 PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN MUHADATSAH DI IAIN LHOKSEUMAWE 2021-02-24T16:06:42+00:00 Aina Salsabila alsa_duary@yahoo.co.id <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Jurusan PBA IAIN Lhokseumawe terhadap proses pembelajaran <em>Muhadatsah</em> yang telah dilaksanakan. Dalam proses pembelajaran <em>Muhadatsah</em> ini ada 5 aspek yang menjadi fokus masalahnya, yaitu: tujuan pembelajaran, materi ajar, metode dan media pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi mahasiswa saat proses pembelajaran <em>Muhadatsah</em> berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Sampel dipilih melalui <em>simple</em><em>random</em><em> sampling</em> berjumlah 156 mahasiswa dari 260 mahasiswa PBA daninstrumen penelitian berupa kuesioner. Dari hasil analisis data peneliti menyimpulkan bahwa proses pembelajaran <em>Muhadatsah</em>berlangsung dengan baik. Hal ini ditunjukkan dari distribusi frekuensi tujuan pembelajaran (66,02% menyatakan sangat baik), materi ajar (62,18% menyatakan sangat baik), metode dan media pembelajaran (41,67% menyatakan baik), dan evaluasi pembelajaran (62,82% menyatakan sangat baik). Sedangkan kesulitan belajar yang dihadapi mahasiswa antara lain kekurangan <em>mufradat</em>, kurangnya berkomunikasi dengan bahasa Arab dikarenakan tidak adanya <em>bi’ah lughawiyah</em> serta kurangnya bimbingan dosen ketika proses pembelajaran <em>Muhadatsah</em> berlangsung.</p> 2020-12-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/1006 ANALISIS NILAI PENDIDIKAN MORAL PADA CERPEN HARIAN KOMPAS EDISI DESEMBER 2019 2021-02-24T16:06:41+00:00 Husaini Husaini husainih201@gmail.com Erliani Erliani erliani.2020@gmail.com <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan nilai pendidikan moral yang terkandung dalam cerita pendek harian kompas edisi bulan Desember tahun 2019. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian analisis konten (analisis isi). Berdasarkan hasiltemuan peneliti menyimupkan bahwa:wujudhubunganmanusiadengandirisendiri terdiri dari memiliki sikap saling menyapa, sikap mampu mengendalikan diri, sikap memiliki tata krama dan sopan santun, sikap memiliki rasa malu, dan sikap memiliki rasa kesetiakawanan.Nilai pendidikan moral antara satu dengan yang lainnya sesama terdiridari beberapa komponen yaitu, saling menghormati, menumbuhkan rasa kasihsayang,toleransi sesama, sukamenolong. Nilai pendidikan moral antara hubungan manusiadengan Tuhannya hanyaterdapatnilaimoral ketakwaan (mengenal tuhan sebagai pencipta) dan berdoa dan hubunganmanusiadenganlingkungan alamhanyaterdapat nilaimoralcintatanaman dan sosial kelompok, dari beberapa nilai moral diatas yang paling mendominasi adalah hubungan manusia dengan diri sendiri dimana hubungan manusia dengan diri sendiri diwujudkan dalam bentuk saling menyapa (tidak sombong), mampu mengendalikan diri agar menjadi lebih baik, bertata krama sopan dan santun yang mencerminkan kepribadian seseorang, memiliki rasa malu terhadap sikap dan tindakan yang dilakukan, dan memiliki rasa kesetiakawanan yang merupakan sifat setia pada diri seseorang yang mempunyai nilai moral yang tinggi.</p> 2020-12-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/1007 PENERAPAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MERENCANAKAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2021-02-24T16:06:40+00:00 Marzuki Hasan marzuki.hasan08@gmail.com <h1>ABSTRAK</h1> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kinerja guru dalam merencanakan pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan supervisi oleh kepala sekolah di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu tahun 2020. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu. Penelitian ini akan dilaksanakan selama tiga bulan pada semester ganjil di tahun 2020, yaitu mulai bulan Agusutus sampai dengan bulan Oktober. Subjek penelitian ini adalah guru-guru di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu yang belum dapat menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dengan baik, yaitu sebanyak 9 orang guru. Prosedur pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dri tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dan angket. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan kinerja guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran setiap siklus mengalami peningkatan, hal ini terlihat dari persentase individu guru. Pada siklus I hanya 5 orang guru yang telah mencapai indikator keberhasilan penelitian. Pada siklus II seluruh guru telah mencapai inidikator keberhasilan penelitian. Hasil angket diketahui juga mendukung hasil penelitian, persentase guru yang menjawab sangat setuju adalah 95,5% dan yang sutuju adalah 4,5%. Hal ini menunjukan &nbsp;bahwa guru-guru sudah menyadari pentingnya merencanakan pelaksanaan pembelajaran dengan baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan supervisi kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru dalam merencanakan pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu pada tahun 2020.</p> 2020-12-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/1008 PENGARUH TAQLID DALAM PENDIDIKAN ISLAM 2021-02-24T16:06:39+00:00 Rahimi Rahimi rahimi.plumat85@gmail.com <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Tulisan ini mengkaji tentang pengaruh <em>Taqlid</em> ditinjau dari pendidikan Islam. Kajian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi pustaka (Library Research). Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa pengaruh Taqlid terhadap Pendidikan Islam diantaranya <em>Taqlid</em> akan melahirkan peserta didik yang mudah percaya terhadap apa yang disampaikan oleh orang lain dan mudah pula menjadi bagian masyarakat yang dapat diperalat penindas. Taqlid menjadikan pemikiran tidak mandiri dan inovatif maka dengan sendirinya tidak ada penghargaan terhadap kemampuan akal manusiaTaqlid juga akan membawa kepada pemahaman fundamentalisme yang merupakan salah satu faktor penyebab munculnya terorisme. Taqlid tidak menggunakan akal secara maksimal tetapi secara statis dan mekanis sehingga sikap hidup dan beragama yang tertutup secara radikal.</p> 2020-12-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/1009 IMPLEMENTASI KURIKULUM (ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: TANTANGAN DAN UPAYA) 2021-02-24T16:06:38+00:00 Maya Safitri mayasafitri2007@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kompetensi pedagogik, kendala dan upaya guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum pada SMA Negeri di Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.Hasil penelitian dari 10 indikator kompetensi pedagogik guru PAI menunjukkan bahwa pemenuhan kompetensi pedagogic indikator1,4,7,8,dan9 menunjukkan kriteria baik, sedangkan indikator2, 3, 5,6, dan10 menunjukkan kurang baik. Kendala yang dihadapi guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum adalah dari aspek guru, peserta didik, kepala sekolah, sarana dan prasarana dan kurikulum.Upaya dalam meningkatkan kompetensi pedagogik&nbsp; guru mata PAI di Aceh diantaranya: &nbsp;seminar, worksop, pelatihan-pelatihan, (MGMP) danmelanjutkan pendidikannya pada jenjang yang lebih tinggi yaitu kejenjang S2.Hasil penelitian diharapkan mampu memberikan kontribusi yang cukup besar dalam penerapan kurikulum, peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI di Aceh sehingga, diharapkan menjadi motivasi untuk mengadopsi bentuk kurikulum dan model pedagogik guru PAI kearah perubahan dalamproses pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan agar meningkatnya kualitas pendidikan di Aceh.</p> 2020-12-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/1010 PEMENTASAN DRAMA MELALUI PENDEKATANCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING 2021-02-24T16:06:38+00:00 Novi Diana novidiana189@gmail.com <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Belajar bermain drama memerlukan pengalaman yang banyak. Pengalaman yang diperoleh merupakan hasil belajar yang perlu dikembangkan oleh siswa. Itulah sebabnya penulisan tentang pementasan drama melalui pendekatan <em>contextual teaching and learning</em> bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan CTL ini dalam materi pementasan drama. Penelitian dilakukan melalui kajian pustaka yaitu peneliti mengumpulkan informasi-informasi melalui teori-teori yang sesuai sebagai landasan dan membaca buku-buku yang berhubungan dengan penelitian lalu dianalisis. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dalam materi drama sangat sesuai. Hal ini jika guru dapat memanfaatkan langkah-langkah atau tujuh komponen yang ada dalam CTL ke dalam rencana pelaksanaan pembelajaran.&nbsp; Komponen-komponen itu sangat kompleks dan cocok diterapkan dalam materi drama. Drama memerlukan latihan-latihan, pemodelan dalam karakter tokoh, mengonstruks pengetahuan dalam lafal dialog, banyak bertanya, belajar&nbsp; berkelompok dan penilaian. Hasil tersebut menunjukkan jika siswa merasa bersemangat jika belajar di luar kelas, menemukan sendiri jawaban dari kelompok atau lingkungan belajar. Sehingga proses pembelajaran menjadi baik sesuai apa yang ingin dicapai oleh seorang pengajar.</p> 2020-12-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/1011 MODERNIZATION OF PROFESSIONAL DEVELOPMENT OF ISLAMIC EDUCATION TEACHERS IN INDONESIA 2021-02-24T16:06:37+00:00 Junaidi Arsyad junaidiarsyad@uinsu.ac.id Hasni Arfah hasniarfah88@gmail.com <p><strong>ABSTRACT</strong></p> <p>When carrying out their profession, teachers of Islamic Religious Education require a professional, responsible and competent attitude as mandated in the Teacher and Lecturer Law to achieve National education goals, namely the birth of intelligent, competitive, and competitive Indonesians in all walks of life. Teachers must be taken by teachers through education, training, and professional development when carrying out their professional educators' duties. This study uses a qualitative approach with descriptive-analytical methods, where the steps of the work are collecting from existing reading material sources, then making a writing framework as desired in the method. The research results indicate that Islamic education teachers' professional development is determined by three essential factors: teacher competence, teacher certification, and teacher professional allowances. Therefore, teacher professionalism is a condition in which the work or activity carried out by a teacher becomes a source of living income that requires expertise, proficiency, or skills that meet specific quality standards or norms and require professional education to hone and improve their competence</p> 2020-12-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/1012 PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SD DENGAN DIDACTICAL ENGINEERING 2021-02-24T16:06:36+00:00 Riandi Marisa riandy_marisa@yahoo.co.id Sarah Fazilla sarahfazila@iainlhokseumawe.ac.id <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Berbagai penelitian, baik di tingkat internasional maupun nasional, mengungkapkan kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar masih sangat rendah. Padahal, kemampuan memecahkan masalah merupakan bagian dari kodrat manusia yang diciptakan oleh nalar, karena pada prinsipnya tidak ada manusia yang tidak berpikir. Potensi siswa sangat mungkin berkembang pada diri siswa jika guru sebagai jembatan pengetahuan benar-benar menguasai metode pembelajaran dan mengenali karakter siswa dalam pembelajaran matematika dengan baik. Oleh karena itu, dalam penelitian ini mencoba menerapkan strategi pembelajaran menggunakan <em>Didactical Engineerering </em>(DE), sebagai dasar untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa SD. Harapannya, pembelajaran menggunakan DE dapat berimplikasi pada pengembangan ilmu pedagogik yang sangat dibutuhkan oleh para guru, khususnya guru sekolah dasar.</p> 2020-12-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/1013 IMPLEMENTATION OF GUIDED READING PROCEDURE (GRP) IN IMPROVING READING COMPREHENSION 2021-02-24T16:06:35+00:00 Zainuddin Hasibuan zainuddinhasib@gmail.com <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>This research aims to explain the implementation of GRP in improving students’ ability in reading comprehension and to describe students’ respond when a teacher implements GRP in teaching reading comprehension. The study belongs to collaborative classroom action research design in which the researcher and collaborator worked together. The subjects of this research were all of the students of VIII/D of MTsN Dewantara. This resaerch was conducted in two cycles by following the procedure of the action research. It began with the preliminary, planning, implementing and reflecting. The researcher used some instruments such as observation checklist, field notes, and test for students in learning of reading comprehension to collect the data. In analyzing the data, the researcher used the descpriptive qualitative meansrument to find out the result. To analyze the data, total score of the students divided with total number of the students, and got the average score of class. The activity of analyzing data done through three steps, namely: data reduction, data display, data conclusion/ verification. First cycle, there were three meetings, as the result the students got 68,8 in first cycle. Second cycle, there were three meetings, as the result students got 73,8. It means, that the students show their improvement in reading comprehension skill. The research result also indicated that the students have good response and motivation and GRP implementation&nbsp; improves students’ reading comprehension ability.</em></p> 2020-12-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/949 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA 2021-02-24T16:06:45+00:00 Nursyidah Nursyidah nursyidah@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe<em> group investigation</em> pada materi upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa pada siswa Kelas XII.IA4 SMA Negeri 1 Montasik Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus &nbsp;melalui tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII.IA4 SMA Negeri 1 Montasik tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa kondisi awal (prasiklus) adalah 60,9%. Pada siklus I meningkat 21,7% sehingga menjadi 82,6%. Pada siklus II terjadi peningkatan ke arah yang lebih baik lagi yaitu 8,7% sehingga menjadi 91,3%. Pada siklus I, rata-rata guru mengelola pembelajaran tergolong baik yaitu 3,7. Pada siklus II meningkat 4,3 yang tergolong baik. Pada siklus I rata-rata aktivitas siswa 3,5 yang tergolong baik. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 4,2 yang tergolong baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif <em>tipe group investigation</em> pada materi upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII.IA4 SMA Negeri 1 Montasik Kabupaten Aceh Besar.</p> 2020-12-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/1014 UTILIZING GRAPHIC ORGANIZER STRATEGY IN TEACHING WRITING ON NARRATIVE PARAGRAPH 2021-02-24T16:06:34+00:00 Nurjannah Nurjannah nur.jannah2020@gmail.com Taufiq Hidayah taufiqhidayah@iainlhokseumawe.ac.id Muhammad Nazar nazarm45@yahoo.com <p style="text-align: justify;"><em>This </em><em>research is entitled “<strong>Using graphic organizer strategy in teaching writing on narrative paragraph (experimental research)</strong>. </em><em>Writing is a very important subject that should be learned by English learners. The students should be able to express their ideas and opinion either in the form of a sentence or paragraph. However, the researcher found that many students at the Second Grade Students of SMP Negeri 1 Tanah Luas could not express their ideas and develop into the paragraph. Hence, the appropriate strategy of teaching and learning is very important to help students master writing skills. This research aims to know the effect of achievement between the students who are taught writing by using graphic organizers from those taught writing in the narrative by using traditional methods. This research was experimental research and used a quasi-experimental design. </em><em>The samples chosen in this research were the whole students of class VIII<sup>2</sup> and VIII<sup>4</sup> of SMPN 1 Tanah Luas. Class VIII<sup>2</sup> consisted of 25 students was chosen as experimental group and class VIII<sup>4</sup> consisted of 24 students was chosen as control group. </em><em>This </em><em>research </em><em>was</em><em> conducted in three phrases; there </em><em>were</em><em> pre-test, treatments and post-test. The data collection technique used in this research was test. The tests were pre-test and post-test. The researcher gave pre-test before giving treatment and post-test after giving treatment. The treatment was conducted in three meetings. The data was analyzed by using t-test formula. The research result and the hypothesis authentication found by using t-test formula in significant level 5% or α = 0.05 were obtained that t<sub>test </sub>&gt; t<sub>table</sub></em><em><sub>. </sub>The t<sub>test</sub></em><em> found in this research was </em><em>3.9</em><em>1</em><em>. Meanwhile, t<sub>table</sub></em><em> was gotten from the list of distribution value </em> <em> with degree of freedom = 4</em><em>7</em><em>, because the data not in the table, the researcher used interpolation approach and obtained </em> <em>= 1.67. So &gt;&nbsp; = </em><em>3.9</em><em>1 </em><em>&gt; 1.67. It meant that H<sub>a</sub> was accepted and H</em><em><sub>o</sub> was rejected. So, </em><em>graphic</em><em> organizer strategy significantly affects the students’ ability in mastering writing.</em></p> <p style="text-align: justify;"><strong>&nbsp;</strong></p> <p style="text-align: justify;"><strong><em>Kata Kunci: graphic organizer strategy, teaching and learning, writing narrative paragraph</em></strong></p> 2020-12-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##