PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI

  • Husaini Husaini Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Lhokseumawe

Abstract

ABSTRAK

Al-Qur,an adalah wahyu Allah  yang disampaikan  kepada Rasul berisi  Pedoman, petunjuk dan sentral  kendali segala wacana  ideologi  kehidupan  untuk mencapai  kesuksesan  dan kebahagian, baik di dunia maupun diakhirat. Dalam  konteks ini al-Qur'an  sering  menyebut  dirinya al-Huda (Petunjuk), al-Kitab (pedoman), al-syifa (penyembah),  al-Dzikr (peringatan), al-Tibyan (penjelasan), al-Furqan (pembeda) dan nilai nilai yang lainnya. Semua  nama  al-Qur,an  tersebut  mengindentifikasikan  bahwa ia adalah  kitab  suci  yang berdimensi  universal  yang mencakup  segala  aspek  dan problem hidup  dan kehidupan  manusia.Diantara masalah  yang dihadapi  manusia yang memerlukan  petunjuk-petunjuk  dari al-Qur,an  adalah pendidikan  yang berfungsi  mengarahkan  jiwa manusia. Dalam al-Qur,an  manusia diseru  dengan sebutan  al-insan, al-basar, dan-nas dan bani adam, ini menunjukan  bahwa ia adalah mahkluk  yang memikul tanggung jawab dan mempunyai keseimbangan  antara  kebutuhan biologis dan  psikologis, antara kebebasan  dan keterikatan, antara hak pribadi dan hak umumm dan jalan tengah yang dapat menyeimbangi  hal tersebut adalah pendidikan.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abi Fadl Jamal al Diin Muhamad bin M.Ibn Mundzir al Afriki,´" Lisan al-arobi Jilid I" Daar al_shodr, Beirut,
Abdurahman al-Nahkawi, Prinsip-prinsip dan metode Pendidikan Islam, dalam keluarga m di sekolah dan masyarakat, di Ponogoro , Bandung, 1989
Abuy Shadikin, Metodologi Studi Islam, Bandung, Tunas Harapan, 2000.
Abdul Fattah Jalal, Azas-azas Pendidikan Islam, Diponogoro Bandung, 1988
Ahmad Subandi, Epistemologi Untuk Ilmu Dakwah Suatu Tela’ah Awal, Bandung, Fakultas Dakwah IAIN SGD Bandung tahun 1996.
Ahmad Tafsir Ilmu Pendidikan dala perspektif Islam, Remaja Rosda, Bandund, 1994
Amrullah Ahmad, Dakwah dan Perubahan Sosial, Yogyakarta, Paramadina, 1983.
Arif Budiman, Teori Pembangunan Dunia Ketiga,Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama, 2000.
Dos Santos dalam Arif Budiman, Teori Pembangunan Dunia Ketiga, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2000), h.63.
Endang Saefudin Anshari, Wawasan Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 1986.
J. Kaloh, Mencari Bentuk OTDA, Jakarta, Rineka Cipta, 2002.
Joyce Gordon, Sexs Pra Nikah dan Penyalahgunaan Narkoba, Liputan HU Kompas Edisi Juli 2001.
Koko Komarudin, Kembali Ke Fitrah, Materi Ceramah pada Acara Silaturahim Iedul Fitri 1424 H Keluarga Besar IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, pada hari Sabtu, 6 Desember 2003.
M. Ali Ashobuni, Shofwah al-Tafasir, Dar Fikr, Beirut,
M. Solly Lubis, Umat Islam dan Globalisiasi, Jakarta, Gema Insani Press, 1997.
Nanat Fatah Natsir, Menatap Satu Indonesia 2003; Harapan, Tantangan dan Peluang di Era AFTA dan Globalisasi dalam Perspektif Sosial, Budaya dan Agama. Makalah yang disampaikan pada Kuliah Umum HMI Kom. Tarbiyah Cabang Soreang pada 9 Januari 2003.
Hery Noer Aly, Ilmu Pendidikan Islam, Logos, Jakarta, 1999
Porwadarminta, kamus lengkap bag 2, Hasta,Balai Pustaka, Bandung, 1995
Ramayulis Ilmu Pendidikan Islam, Kalam Mulia, Jakarta, 2001
Qodry Azizy, Melawan Globalisasi (Reinterpretasi Ajaran Islam Persipan Sumber Daya Manusia dan Terciptanya Masyarakat Madani), Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2003.
Rudolf H. Strahm, Kemiskinan Dunia Ketiga, Menela’ah Kegagalan Pembangunan Di Negara Berkembang ,Jakarta, Cidesindo, 1999.
Shalahudin Sanusi, Strategi Dakwah Di Era Globalisasi, Makalah Pada Studium General yang diselenggarakan oleh HMJ BPI Fakultas Dakwah pada tahun 1996.
Syukriadi Sambas, Epistemologi Kurikulum Program Fakultas Dakwah dalam Majalah Ilmiah An-Nida, Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah Fakultas Dakwah Edisi II (2) Juni 1997
Tedy Hidayat, Hubungan Sexs Di Kalangan Mahasiswa, Liputan HU Galamedia Edisi 31 Agustus 2002.
Http/www. Islam dan Globalisasi, 2009
Published
2020-06-30
How to Cite
Husaini, H. (2020, June 30). PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 11(1), 53-71. https://doi.org/https://doi.org/10.47766/itqan.v11i1.999