KARAKTERISTIK NABI SEBAGAI PENDIDIK PARIPURNA PERSPEKTIF HADIS

  • Ruslan Fariadi PPS Psikologi Pendidikan Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Abstract

Legalitas Nabi sebagai pendidik ideal telah diakui oleh para ilmuan baik di Timur maupun Barat, terlebih lagi Allah swt secara tegas memberikan legalitas kepada beliau sebagai Nabi sekaligus sebagai seorang pendidik bagi manusia. Begitu pula dengan penegasan hadis dan kesaksian para sahabatnya. Bahkan al-Qur’an menyebutnya sebagai anugerah terbesar bagi manusia untuk mengajarkan mereka sesuatu yang belum mereka ketahui melalui proses pembelajaran (at-ta’lῑm) yang terstruktur. Sebagai seorang pendidik yang ideal dan sempurna, kepribadian Nabi merupakan uswah hasanah, sebab prilakunya senantiasa terkontrol oleh wahyu. Karena itu, mencontoh beliau dalam segala aspek-termasuk dalam masalah pendidikan merupakan keharusan bagi setiap Muslim. Sebagai seorang Nabi sekaligus pendidik bagi umatnya, Rasulullah memiliki kepribadian yang utuh, selaras antara ucapan dan tindakannya, serta memiliki karakteristik sebagai seorang pendidik yang sempurna. Karakteristik beliau sebagai pendidik paripurna, banyak dikemukakan oleh para pakar pendidikan, baik terkait keteguhan tekad, keberanian dan ketabahan, kejujuran, kecerdasan, dan berbagai sifat dan karakteristik beliau yang sempurna.

References

Abu Guddah, Abdul Fattāh, 2016, Ar-Rasūl al-Mu’allim wa Asālῑbuhu fi at-Ta’lῑm, Kairo: Dār al-Sālam.
Abud, Abdul Gina, 1977, Fῑ al-Tarbῑyah al-Islāmῑyah, cetakan pertama, Mesir: Dār al-Fikr al-'Arabῑ.
‘Absu, Fayyad, Ar-Rasul Ṣallallahu ‘Alaihi wasallam al-Mu’allim al-Qudwah, https://islamsyria.com
Al-Bukhāri, 2005, Al-Jāmi’ as-Shahih li al-Bukhāri, cetakan pertama, al-Kutub as-Sittah, Riyaḍ: Maktabah ar-Rasyῑd.
Al-Alūsi, Tafsir al-Alūsi, dalam program al-Maktabah as- syāmilah.
Al-Atsῑr, Ibnu, 1997, al-Kāmil fῑ at-Tārῑkh Tārikh ar-Rusul wa al-Anbiyā’ Juz.1, Thaba’ah al-Awwal, Beirut: Dār al-Kutub al-‘Arābi.
Al-Hajjāj, Muslim bin, 2005, Al-Jāmi’ as-Shahih li Muslim, cetakan pertama, al-Kutub as-Sittah, Riyaḍ: Maktabah ar-Rasyῑd.
Al-Khatῑb, Muhammad ‘Ajjāj, 1997, As-Sunnah qabla at-Tadwῑn, Cetakan ke 6, Beirut: Dār-al-Fikr li at-Ṭibā’ah wa an-Nasyr wa at-Tauzῑ’.
Al-Mubarakfuri, Ṣafῑyurrahmān, 2017, Ṣῑrah Nabawiyah, terj. Suchail Suyuti, cetakan ketiga, Jakarta: Gema Insani.
Al-Maktabah as-Syāmilah, edisi, 2. Agustus, 2007.
Arsyad, Junaidi, 2015, Karakteristik Rasulullah Sebagai Pendidik Perspektif Sirah Nabawiyah, Jurnal Itqan, Vol. VI, No. 2, Juli - Desember.
As-Ṣālih, Subhi, 1999, ‘Ulūm al-Hadῑṡ wa Musṭalahuhu, cetakan 21, Beirut: Dār al-‘Ilmi lil Malāyῑn,.
As-Syāfi’ῑ, ‘Imāduddin Abu al-Fidā’ Ismā’ῑl bin Kaṡῑr al-Qarsῑ ad-Dimsiqῑ, 2009, Tafsir al-Qur’an al-Aẓim juz pertama, Dar al-Aṡar li an-Nasyr wa at-Tauzi’.
At-Ṭabari, Abu Ja’far Muhammad bin Jarir, 2013, Tafsir at-Ṭabari Juz enam, Riyaḍ: Dar ‘Alim al-Kutub.
Az-Zamakhsyarῑ, Tafsir az-Zamakhsyarῑ, dalam program al-Maktabah as- syāmilah.
Dāwud, Abu, 2005, Sunan Abū Dāwud, al-Kutub as-Sittah, cetakan pertama, Riyāḍ: Maktabah ar-Rasyῑd.
Haikal, Muhammad Husain, 1965, Hayāh Muhammad, ṭaba’ah at-Tāsi’ah, Mesir: Maktabah an-Nahḍah al-Miṣrῑyah.
Hambal, Ahmad bin, 2005, al-Musnad, al-Kutub as-Sittah, cetakan pertama, Riyāḍ: Maktabah ar-Rasyῑd.
'Itr, Nuruddin, 1997, Manhaj an-Naqdi Fi ‘Ulūm al-Hadῑṡ, Beirut: Dār Al Fikr.

Idi, Abdullah dan Toto suharto, 2006, Revitalisasi Pendidikan Islam, cetakan pertama, Yogyakarta: Tiara Wacana.
Lajnah Pentashih Mushaf Al-Qur'an, 1992, Departemen Agama RI, Al-Qur'an dan Terjemahannya, Semarang: CV. Asy-Syifa'.
Mājah, Ibnu, 2005, Sunan Ibnu Mājah, al-Kutub as-Sittah cetakan pertama, Riyaḍ: Maktabah ar-Rasyῑd.
Mas’ud, Abdurrahman, 2002, Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik: Humanisme Religius sebagai Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta: Gama Media.
Rasyidi, Ahmad, 2003, Huqūq al-Insān: Dirāsah muqāranah fî al Naẓāriyyāt wa al-Tatbῑq, edisi pertama, Kairo: Maktabah al-Syurūq al-Dauliyah.
Sa’id hawa, Muhammad al-Mu’allim wa al-Murabbi al-Awwal, https://www.ikhwanwiki.com
Ṣalabi, Ali Muhammad, 2007, As-Ṣῑrah an-Nabawiyah: ‘Ard Waqā’i wa Tahlῑl al-Ahdāṡ, Beirut: Dār al-Ma’rifah.
Sarjono, Nilai-Nilai Dasar Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. II, No. 2, 2005.
Software, al-Maktabah as-Syâmilah
Suriadi, 2017, Pendidikan Islam Masa Rasulullah saw, Belajea: Jurnal Pendidikan Islam vo. 2, no. 02.
Usiono, 2017, Potret Rasulullah Sebagai Pendidik, Jurnal IANSIRUN, nomor 1 Volume 1, Juni 2017.
Usrah, Mirfat binti Kamil, Wafaqāt ma’a al-Mu’allim al-Awwal Ṣallallāhu ‘Alaihi wa sallam, http://www.al-jazirah.com.
Yāsin, Abdussalām, Ar-Rasūl al-Murabbi al-Mu’allim, https://www.yassine.net.
Zuchdi, Darmiyati, 1993, Panduan Penelitian Analisis Konten, Yogyakarta: Lembaga Penelitain IKIP.
Published
2020-06-30
How to Cite
Fariadi, R. (2020, June 30). KARAKTERISTIK NABI SEBAGAI PENDIDIK PARIPURNA PERSPEKTIF HADIS. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 11(1), 1-19. https://doi.org/https://doi.org/10.47766/itqan.v11i1.998