PELAKSANAAN BIMBINGAN SECARA BERKELANJUTAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA KEGIATAN HARIAN

  • Nur Anifah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Besar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran harian melalui bimbingan berkelanjutan di Taman Kanak-Kanak Bunga Bangsa Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah dengan menggunakan desain penelitian tindakan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada Taman Kanak-Kanak Bunga Bangsa Kabupaten Aceh Besar. Jumlah subjek penelitian adalah 6 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kompetensi guru dalam menyusun RKH adalah 3,1 yang tergolong cukup dengan persentase ketuntasan secara klasikal adalah 16,7%. Rata-rata siklus II adalah 3,6 yang tergolong baik dengan persentase 66,7%. Kemudian rata-rata pada siklus II adalah 4,0 yang tergolong baik dengan persentase 100% tuntas secara klasikal. Hal ini dapat disimpulkan bahwakompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran harian dapat meningkat melalui bimbingan berkelanjutan di Taman Kanak-Kanak Bunga Bangsa Kabupaten Aceh Besar.

References

Astawa, I. B. M. (2017). Memahami Kewajiban Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Media Komunikasi Geografi, 16(1).
Farida, S. (2017). Pengelolaan pembelajaran PAUD. Wacana Didaktika, 5(02), 189-200.
Gustian, U., & Tomoliyus, T. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Integratif Berbasis Aktivitas Jasmani Untuk Taman Kanak-Kanak. Jurnal Keolahragaan, 3(2), 241-251.
Harjanto. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasnadi, H. (2019). Perencanaan Sumber Daya Manusia Pendidikan. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 141-148.
Imron, Ali. (2009). Penelitian Tindakan Sekolah Untuk Kepala Sekolah Dalam Rangka peningkatan Kinerja Pembelajaran. Depdiknas: Dirjen PMPTK.
Kuka, U. (2017). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan di SMP Negeri 10 Kota Ternate. EDUKASI, 15(1).
Mawardi, M. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 20(1), 69-82.
Mi, L. N. C. (2010). Meningkatkan Kemampuan Guru Yang Telah Disertifikasi Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan Pada Sekolah Binaan Di Sambas. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2(1).
Sanjaya, Wina. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Suharyanto, S. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru TK Dalam Menyusun Rencana Kegiatan Harian Melalui Bimbingan Berkelanjutan Di Tk Dharma Wanita Kecamatan Tembarak Tahun 2015. JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik), 1(1).
Sukarni, A. (2017). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan Di Sd Negeri Alun-Alun Kabupaten Subang Tahun 2014. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 3(02).
Sutardi, S. (2017). Peningkatan Kompetensi Menyusun Rpp melalui Bimbingan Berkelanjutan Guru SD. Manajer Pendidikan, 11(4).
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Yusuf, L.N dan A. Nurihsan, Juntika. (2005). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2020-06-30
How to Cite
Anifah, N. (2020, June 30). PELAKSANAAN BIMBINGAN SECARA BERKELANJUTAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA KEGIATAN HARIAN. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 11(1), 121-132. https://doi.org/https://doi.org/10.47766/itqan.v11i1.996