UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI TUMBUHAN HIJAU

  • Aida Suzanna Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN) 23 Aceh Timur

Abstract

Pembelajaran materi Tumbuhan Hijau pada Siswa kelas V/A MIN 23 Aceh Timur masih belum optimal disebabkan teknik pembelajaran konvensional yang digunakan guru. Penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe problem based learning bertujuan mengetahui penerapan tipe problem based learning dan pengoptimalan hasil belajar siswa terhadap tipe problem based learning. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan tiga tahap, yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklusnya dilakukan dengan empat langkah, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian LKS dan lembar observasi. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa pemahaman siswa kelas V/A materi Tumbuhan Hijau setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe problem based learning mengalami peningkatan dan pengoptimalan. Hal ini terlihat pada peningkatan ketuntasan belajar siswa. Pada pra siklus, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 16% (4 siswa) dan yang belum tuntas sebanyak 84% (21 siswa) sedangkan pada akhir siklus II yang tuntas sebanyak 84% (21siswa) dan yang belum tuntas 16% (4 Siswa). Nilai rata-rata juga meningkat. Perolehan nilai rata-rata siklus I adalah 65,80 dan pada akhir siklus II menjadi 78,00. Perolehan nilai rata-rata tersebut telah berada pada rentang 75-80 berdasarkan kriteria penilaian. Dengan kata lain, siswa kelas V/A telah optimal dalam pembelajaran dan hasil belajar yang optimal juga dalam materi Tumbuhan Hijau dengan pembelajaran tipe problem based learning.

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Tentang
Standar Isi. Jakarta: Depdiknas
Ernavita. 2004. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Kurikulum 2004.
Jakarta: Dirjendikdasmen.
Herdiansyah. 2009. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. http://herdy07
.wordpress.com/2009/04/22/model-pembelajaran-nht-numbered-head-together/. Ibrahim, M, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press.
Maftuh, M. Dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Maesuri, Sitti. 2003. Makalah: Suatu Alternatif Model Pelatihan Lanjutan untuk Materi
Penilaian Autentik. Jakarta: Direktorat PPDKA.
Mufid, M. 2007. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Operasi Hitung Bentuk Aljabar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas VII-A MTs Islamiyah Sumpiuh – Banyumas Tahun Pelajaran 2006/2007. Skripsi. Semarang: FMIPA UNNES
Nanik, 2011. Numbered heads Together. http://www.nanik.al-unib.net/2011/01/model- pembelajaran-kooperatif-tipe-numbered-heads-together/
Sudjana, N. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Sutrisno. 2006. Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar
Kimia Siswa. Tesis. Medan: Program Pascasarjana UNIMED.
, 2003. Undang-undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat
Negara.
Saiful, K. Dkk. 2008. Belajar IPA. Membuka Cakrawala Alam Sekitar. Semarang : Erlangga. Mulyoko, Dkk. 2013. IPA Terpadu. Sidoarjo: PT. Masmedia Buana Pustaka.
Published
2020-06-30
How to Cite
Suzanna, A. (2020, June 30). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI TUMBUHAN HIJAU. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 11(1), 187-201. https://doi.org/https://doi.org/10.47766/itqan.v11i1.995