PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATERI BILANGAN BERPANGKAT MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER

  • Khalidah Khalidah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Aceh Timur
Keywords: Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Materi Bilangan Berpangkat

Abstract

Pembelajaran matematika materi Bilangan Berpangkat pada siswa kelas IX.5 MTsN 1 Aceh Timur masih sangat rendah disebabkan berbagai masalah atau kendala yang dihadapi. Penelitian Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas  belajar  siswa  materi  Bilangan  Berpangkat.  Penelitian  ini  menggunakan  desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua tahapan, yaitu siklus I dan siklus II. Dan masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian soal untuk data hasil belajar siswa dan lembar   observasi   untuk   aktivitas   pembelajaran   yang   ditunjukkan   oleh   siswa   di   kelas. Berdasarkan hasil   analisis data diketahui bahwa aktivitas belajar siswa materi Bilangan Berpangkat siswa kelas IX.5 setelah mengikuti pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada peningkatan ketuntasan belajar siswa. Pada siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar 60,71% sedangkan pada akhir siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 80,25 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 85,71%. Dari penelitian  ini  diperoleh  kesimpulan  bahwa  dengan  menggunakan  model pembelajaran  NHT dapat meningkatkan aktivitas belajar Matematika materi Bilangan Berpangkat pada siswa kelas IX.5 semester 1 MTsN 1 Aceh timur tahun pelajaran 2019/2020.

 

 

Kata Kunci:  Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Materi Bilangan Berpangkat

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas
Ernavita. 2004. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Kurikulum 2004.Jakarta: Dirjendikdasmen.
Herdiansyah. 2009. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. http://herdy07wordpress.com/2009/04/22/model-pembelajaran-nht-numbered-head-together/. Ibrahim, M, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press.
Maftuh, M. Dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Maesuri, Sitti. 2003. Makalah: Suatu Alternatif Model Pelatihan Lanjutan untuk MateriPenilaian Autentik. Jakarta: Direktorat PPDKA.
Mufid, M. 2007. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Operasi Hitung Bentuk Aljabar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas VII-A MTs Islamiyah Sumpiuh – Banyumas Tahun Pelajaran 2006/2007. Skripsi. Semarang: FMIPA UNNESNanik, 2011. Numbered heads Together. http://www.nanik.al-unib.net/2011/01/model- pembelajaran-kooperatif-tipe-numbered-heads-together/

Sudjana, N. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Sutrisno. 2006. Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. Tesis. Medan: Program Pascasarjana UNIMED.
, 2003. Undang-undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Saiful, K. Dkk. 2008. Belajar IPA. Membuka Cakrawala Alam Sekitar. Semarang : Erlangga. Mulyoko, Dkk. 2013. IPA Terpadu. Sidoarjo: PT. Masmedia Buana Pustaka.
Published
2020-06-30
How to Cite
Khalidah, K. (2020, June 30). PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATERI BILANGAN BERPANGKAT MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 11(1), 165-185. https://doi.org/https://doi.org/10.47766/itqan.v11i1.994