PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Nursyidah Nursyidah Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Montasik Aceh Besar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada materi upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa pada siswa Kelas XII.IA4 SMA Negeri 1 Montasik Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus  melalui tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII.IA4 SMA Negeri 1 Montasik tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa kondisi awal (prasiklus) adalah 60,9%. Pada siklus I meningkat 21,7% sehingga menjadi 82,6%. Pada siklus II terjadi peningkatan ke arah yang lebih baik lagi yaitu 8,7% sehingga menjadi 91,3%. Pada siklus I, rata-rata guru mengelola pembelajaran tergolong baik yaitu 3,7. Pada siklus II meningkat 4,3 yang tergolong baik. Pada siklus I rata-rata aktivitas siswa 3,5 yang tergolong baik. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 4,2 yang tergolong baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada materi upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII.IA4 SMA Negeri 1 Montasik Kabupaten Aceh Besar.

References

Agus Suprijono. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2016). Manajemen pembiayaan pendidikan, fasilitas pembelajaran, dan mutu sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2).
Baridin, B. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru dan Strategi Pembelajaran Terhadap Mutu Pendidikan di MTs Negeri 2 Brebes. Jurnal Kependidikan, 6(1), 123-144.
Devi, S., & Harudu, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Wawotobi Pada Materi Pokok Sumber Daya Alam. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 3(3), 257-271.
Dewi, P. F. (2018). Pengaruh Guru Profesional dan Iklim Sekolah Terhadap Mutu Pembelajaran SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo. Muslim Heritage, 2(2), 369-388.
Hasnadi, H. (2019). Perencanaan Sumber Daya Manusia Pendidikan. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 141-148.
Idris, Jamaluddin. (2007). Analisis Kritis Mutu Pendidikan. Banda Aceh: Taufiqiyah Sa’adah.
Irwan, N., & Sani, R. A. (2015). Efek model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan teamwork skills terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 41-48.
Novauli, F. (2012). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri di Kota Banda Aceh. Jurnal Pencerahan, 6(1).
Parmila, A. T., Suastra, I. W., & Suswandi, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Dan Prestasi Belajar Dalam Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X MIPA 4 SMA Negeri. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 8(1), 53-62.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme. Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sunaengsih, C. (2016). Pengaruh media pembelajaran terhadap mutu pembelajaran pada sekolah dasar terakreditasi A. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 183-190.
Suroso. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pararaton.
Sutarto, J. (2016). Determinan Mutu Proses dan Hasil Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(3).
Wahyuningsih, R. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 5 Jombang. JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen), 1(1).
Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1).
Published
2020-12-30
How to Cite
Nursyidah, N. (2020, December 30). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 11(2), 177-188. https://doi.org/https://doi.org/10.47766/itqan.v11i2.949