COMMON GRAMMATICAL ERRORS IN WRITING THESIS PROPOSALS

The Case Study of English Department Students of IAIN Lhokseumawe

  • afifuddin afifuddin English Education Department of IAIN Lhokseumawe
  • Ibrahim Bewa English Education Department of IAIN Lhokseumawe
Keywords: Analisis, kesalahan tata bahasa, proposal skripsi

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Kesalahan Umum Tata Bahasa Dalam Penulisan Proposal Skripsi (Studi Kasus Mahasiswa Semester Akhir Jurusan Bahasa Inggris pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan IAIN Lhokseumawe). Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam menulis, terutama dalam penulisan proposal skripsi. Kesulitan mereka terkait dengan beberapa sudut pandang tata bahasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan tata bahasa yang dibuat oleh mahasiswa Semester akhir jurusan bahasa Inggris pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan IAIN Lhokseumawe yang mengajukan proposal skripsi sebagai persyaratan terakhir untuk gelar sarjana. Selanjutnya, peneliti mencoba untuk mengidentifikasi dan menggambarkan jenis kesalahan dan kemudian menguraikan jenis kesalahan tata bahasa yang paling banyak dibuat oleh para mahasiswa. Para peserta penelitian adalah seluruh mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris yang menulis proposal skripsi pada tahun akademik 2017/2018. Jumlah  mahasiswa yang ingin mengajukan proposal skripsi sebanyak 32 orang, namun dengan menggunakan teknik acak, peneliti memilih 15 dari mereka untuk menjadi subjek penelitian. Selain itu, peneliti melakukan penelitian Perpustakaan untuk menemukan beberapa buku dan referensi terkait dengan istilah Analisis, Kesalahan Tata Bahasa dan Proposal Skripsi. Untuk mendapatkan data dari lapangan, para peneliti mengamati dan mengidentifikasi mahasiswa semester terakhir yang ingin menulis proposal skripsi dan meminta mereka untuk menyelesaikan proposal skripsi mereka dan Smenyerahkan satu set kepada peneliti. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan model analisis kualitatif Miles dan Huberman. Data dianalisis melalui analisis bentuk kalimat yang salah secara gramatikal dengan menandai kesalahan, merekonstruksi kalimat yang benar, mengklasifikasikan jenis-jenis kesalahan dan menghitung kesalahan untuk mengetahui jenis kesalahan tata bahasa yang paling umum. Sebagai hasilnya, peneliti menemukan bahwa para siswa membuat 216 kesalahan dalam proposal skripsi mereka. Kesalahan terjadi pada semua jenis kesalahan yang diselidiki, yaitu kata kerja  kalimat, bentuk kata kerja, kesesuaian subjek-kata kerja, jamak, infleksi posesif, artikel tertentu, artikel tak tertentu, susunan kata, run-on, dan fragmen. Dan para siswa membuat kesalahan terbanyak 74 kali kesalahan atau 34, 26% dari semua kesalahan dalam jenis kesalahan Run-on.

References

Brown, (1994). Principles of language learning and teaching. Third edition. New
Jersey: Prentice Hall.

Burn, N and Grove, S. (1993). The practice of nursing research: Conduct, critique & utilization, Sanders (Philadelphia).

Byrne, Done. (1979). Teaching Writing Skill, England: Longman.

Cedar, P.S. (2004), Transferability and Translatability of Idioms by Thai-Speaking Learners of English, Dissertation Abstracts International, 64 (08), 2570. (UMI: No. 3101068).

Chen, C.Y., & Huang, H.Y., (2003), L2 Acquisition of Subject –Prominence by EFL Students in Taiwan, English Teaching & Learning Journal, 27 (4), 99-122.

Collins, L., (2002), The Role of L1Influence and Lexical Aspect in the Acquisition, Language Learning Journal, 52 (1), pp. 43-49.

Corder, S.Pit. (1962). The Language Laboratory.English Language Teaching Journal
Vol. 16
______(1974). Introducing Applied Linguistic. Baltimore : Penguin Books, Inc.
______(1981). The significance of learners’ errors. International Review of Applied Linguistics.

Ellis, R. 1985. Understanding Eighth Language Acquisition.Oxford : Oxford University Press.

______(1996). Second language acquisition research and language teaching, Oxford: Oxford University Press.

Eric J.D & Helen 1996. New Method In Teaching Writing.Illinois:USA

Halliday, M, A, K and R. Hasan (1985). Language, Context and Text: Aspect of Language in Social-Siometic Perspective . Hongkong: Oxford University Press.

Harmer. J. (2001) The Practice of English Language Teaching. London:Longman.

Hassan Murad (2013) Error Analysis of Written English Essays: The case of Students of the Preparatory Year Program in Saudi Arabia. English for
Specific Purposes World, Issue 40, vol. 14

Hornby (1987). Oxford Advanced Learner’s Dictionary of current English. London: Oxford University Press..

Horney (1998), in Chen, L.L., (2006), The Effect of L1 and CAI on Grammar Learning: An Error Analysis of Taiwanese Beginning EFL Learners' English

Essays, Asian EFL Journal, Teachers' Articles Vol. 9, Article 2.

Huang, J., (2002), Error Analysis in English Teaching: A Review of Studies, Journal Of Chung –San Girls' Senior High School, 2, pp. 19-34

Jordan. R. 1990. Academic Writing Course. Collin ELT.London and Glasgow.

Nemse, W. 1971. Apprximative Systems of Foreign Language Learners.
International Journal of Applied Linguistic. Vol. 9.

Ngangbam Hemabati (2016) An analysis of syntactic errors committed by students of English language class in the written composition of Mutah University:A case study. European Journal of English Language, Linguistics and LiteratureVol. 3 No. 1, 2016ISSN 2059-2027 Progressive Academic Publishing, UKPage 1.

Norrish, J. 1983.Language learners and their errors. London: The Macmillan

Richards, J. (1972). A non-contrastive approach to error analysis.English
Language Teaching Journal, 25(3), 204-219
Richards, et al. (1992). Longman Dictionary of Language teaching & Applied
Linguistic. Essex: Longman Group Limited.

Selinker, L. (1972). Interlanguage. International Review of Applied Linguistics

Verhoef and Hilsden. 2004. Writing an Effective Research Proposal.Departments Medicine Community Health Sciences University of Calgary Calgary, Alberta, Canada
Published
2019-06-30
How to Cite
afifuddin, afifuddin, & Bewa, I. (2019, June 30). COMMON GRAMMATICAL ERRORS IN WRITING THESIS PROPOSALS. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 10(1), 41-56. https://doi.org/https://doi.org/10.47766/itqan.v10i1.227