ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM BERCERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

  • Novi Diana IAINLhokseumawe
Keywords: kesulitan, bercerita

Abstract

ABSTRAK

 Bercerita merupakan keterampilan berbicara yang dianggap sulit dalam penyampaiannya.Hal ini yang menjadi hambatan bagi anak dalam pembelajaran bahasa Indonesia.Perlu ada latihan-latihan yang diajarkan oleh guru kepada anak didik khususnya materi bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan kesulitan siswa dalam bercerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  yang artinya sebuah proses investigasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara  teknik observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan  siswa sudah mampu bercerita di depan kelas. Siswa berani maju ke depan untuk menceritakan cerita yang sudah dikuasainya. Walaupun masih terlihat belum sempurna atau maksimal dalam menguasai aspek-aspek penilaian dalam bercerita.Pada tahap pendahuluan siswa sudah dapat membuka cerita dengan baik, semangat, dan rileks.Akan tetapi, untuk kelancaran secara umum siswa masih agak tersendat sehingga mempengaruhi ekspresi.Untuk penguasaan kosa kata, siswa sudah menggunakan kata-kata sederhana dan tidak menggunakan kata-kata yang berulang-ulang pada saat bercerita.Pada poin pemahaman, secara umum belum dapat dikuasai oleh siswa.Selanjutnya, kepercayaan diri yang masih kurang, pelafalan, kelancaran, dan pemahaman siswa terhadap keterampilan bercerita perlu ditingkatkan kembali.

References

DAFTAR KEPUSTAKAAN
Saddhono, Kundharu dan Slamet, Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia, Bandung: Karya Putra Darwati, 2012

Bachir, Bactiar S, Keterampilan Bercerita, Bandung: Mizan, 2005
Kamisa, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Kartika, 1997
Rahayu, Afrianti Y, Menumbuhkan Kepercayaan Diri melalui Kegiatan Bercerita, Jakarta: PT Indeks, 2013

Nurgiantoro, Burhan, Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak, Yogyakarta: Gadjah Mada, Univercity Press, 2005

Patalima, Hamid, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2007
Syamsudin dan Vismaia S, Metode Penelitian Bahasa, Bandung: Rosda Karya, 2007
Published
2018-12-10
How to Cite
Diana, N. (2018, December 10). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM BERCERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 9(2), 111-125. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/219