PENDIDIKAN JASMANI DAN PENGAHRUHNYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM

TINJAUAN DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

  • Syadidul Kahar STIT Babussalam Kutacane
Keywords: Pendidikan Jasmani, Filsafat Pendidikan Islam

Abstract

Dalam perspektif pendidikan islam manusia di ciptakan dari dua unsur, fisik (Jasmani) dan non fisik (Ruhani). Jasmani dan ruhani merupakan satu kesatuan yang utuh yang tidak bisa dipisahkan dan selalu berhubungan serta saling berpengaruh, hingga Allah SWT menciptakan manusia dengan dua aspek ini di dunia untuk mencapai tujuan, fungsi dan tugasnya, dan di akhirat manusia dibangkitkan oleh allah di akhirat dengan dua aspek ini juga untuk menerima segala balasan baik dan buruk-Nya.Pendidikan Jasmani dalam al-quran maka ditemukan beberapa kata yang oleh sebagian mufassir dianggap berkaitan dan senada dengan konsep Pendidikan Jasmani. Kata-kata tersebut disebut dalam al-quran dengan prekuensi yang bervariasi. DiantaranyaJismi dan Jasadanberarti tubuh. Dalam Persefektif Filsafat Pendidikan Islam, Tujuan Pendidikan Jasmani dalam islam tidak bisa dipisahkan dari tujuan pendidikan islam secara umum. tujuan tertinggi yang ingin dicapai oleh Pendidikan Islam adalah menciptakan manusia muslim yang Bersyahadah kepada Allah SWT. Karenanya dalam tataran praktikal seluruh program dan praktek Pendidikan Islami diarahkan untuk memberikan bantuan kemudahan kepada semua manusia dalam mengembangkan potensi Jismiyyah dan Ruhiyyah sehingga mereka berkemampuan mengaktualisasikan Syahadahnya terhadap Allah SWT. menunaikan fungsinya sebagai ‘Abd Allah dan melaksanakan tugasnya sebagai Khalifah secara sempurna. Profil manusia seperti inilah yang popular disebut sebagai Insan Kamil atau manusia paripurna

References

Al-Jamali, Muhammad Fadhil. 1986.Filsafat Pendidikan Islam dalam Al-Qur‟an, (terj.) Judial Falasani, Surabaya: Bina Ilmu.
Al Rasyidin, 2017.Filsafat Pendidikan Islami Membangun Kerangka Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi Prakten Pendidikan Islami, Bandung: Citapustaka Media Printis, Cet V.
Al-Syaibani, Omar Mohammad At-Toumy, 1979.Falsafah pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang.
Aida, Asnil Ritonga dan Irwan, 2013.Tafsir Tarbawi, Bandung: Cita Pustaka Media.
Baharits, Adnan Hasan Shalih, 2001.Tanggung Ayah Terhadap Anak Laki-Laki. Jakarta: Gema Insani Press.
Daulay, Asrul dan Ja’far, 2016. Falsafah Pendidikan Islam menguak Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Tradisi Islam, Medan: Perdana Publising.
Hurlock , Elizabeth. B. 1998. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan,, edisi.5, Terj. Istiwidayanti. Jakarta: Erlangga.
Ilyas, Asnelly, 1995.Mendambakan Anak Saleh Prinsip-Prinsip Pendidikan Anak dalam Islam,Bandung: Al-Bayan.
Ihsan ,Hamdani dan A. Fuad Ihsan, 2001.Filsafat Pendidikan Islam, Bandung : CV Pustaka Setia.
Imarah, Imarah Muhammad, 2008.100 Kisah Kepahlawanan Wanita, terj. MuhyiddinMas Rida, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Mahmud, Ali Abdul Halim, 1994.Silsilah al-Tarbiyah fi al-Qur’an fi Surah al-Maidah,. t.k: Daar al-Tauzi wa Nasyri al-Islamy.
Muhajir, 2004.Pendidikan Jasmani, Teori dan Praktek SMA, Jakarta: Erlangga.
Rosyada, Dede. 2006.Paradigma Pendidikann Demokrasi: Sebuah Model Pelibatan Masyrakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Syah, Muhibbin, 2006.Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Rosda Karya.
Suryabrata Sumadi, 2004.Psikologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Syarifuddin, Aip dan Muhadi, 1992.Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Jakarta: Dirjen Dikbud.
Ulum, Muhammad Samsul dan Triyo Supriyatno, 2006.Tarbiyah Qur’aniyah. Malang: UIN-Malang Press.
Walidin, Warul. 2003.Konstelasi Pemikiran Ibnu Khaldun. Lhokseumawe: Nadiya Foundation, 2003.
Published
2018-12-10
How to Cite
Kahar, S. (2018, December 10). PENDIDIKAN JASMANI DAN PENGAHRUHNYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 9(2), 61-80. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/217