Studi Pelacakan (Tracer Study) Alumni Prodi Pendidikan Agama Islam STAIN Malikussaleh Di Kota Lhokseumawe

  • Zulfikar Ali Buto IAIN Lhokseumawe
Keywords: Alumni, Mahasiswa dan Pelacakan

Abstract

Tracer study dinilai mutlak dilakukan perguruan tinggi sebagai salah satu cara mengevaluasi kurikulum pendidikan untuk memperbaiki kualitas para lulusannya. Ketatnya persaingan antarlulusan perguruan tinggi, baik dengan lulusan dalam maupun  luar negeri, dirasakan ikut memicu pentingnya tracer study untuk dilaksanakan oleh perguruan tinggi. Pada kondisi ini, perguruan tinggi dituntut untuk merumuskan celah keunggulannya secara optimal dan menjadikan tracer study sebagai perangkat evaluasi yang tepat untuk menjawab kebutuhan tersebut. Penelitian ini merumuskan masalah bagaimana Studi pelacakan (tracer study) alumni Prodi Pendidikan Agama Islam  (PAI) STAIN Malikussaleh di Kota Lhokseumawe. Bertujuan untuk menemukan studi pelacakan (tracer study) alumni Prodi Pendidikan Agama Islam  (PAI) STAIN Malikussaleh di Kota Lhokseumawe. Penelitian dilakukan secara survey dengan instrument studi pelacakan alumni dari boring 3A tahun 2009. Hasil penelitian diperoleh integritas (etika dan moral) alumni Program Studi Pendidikan Agama Islam menunjukkan tingkat yang paling tinggi sangat baik sebesar 87 %, tigkat penguasaan bidang keimuan (profesionalisme) menunjukan tingkat baik 56 %, penguasaan bahasa Inggris kurang dengan persentase 75%, penguasaan teknologi informasi 65 % pada level kurang, kemampuan berkomuniasi dengan orang lain (sangat baik) sebesar 87 %, kemampuan kerja sama tim sangat baik pada level 84 kemampuan pengembangan diri baik 57 %.

Author Biography

Zulfikar Ali Buto, IAIN Lhokseumawe

I am the senior lecturer of Tarbiyah and teacher training facultyof IAIN Lhokseumawe. 

References

Borang 3A Prodi BAN-PT Tahun 2009
Depdiknas, Standar Kompetensi Guru Sekolah Menengah Atas, Jakarta : Depdiknas Dirjen
Didasmen – Direktorat Tenaga Kependidikan, 2004
Geoffrey E. Mills, Action Research a Guide for the Teacher Researcher, USA: Merrial Prentice
Hall, 2003
Hanif A. Widyanto, Fungsi dan Tujuan Ikatan Alumni untuk Pengembangan Sekolah, Makalah,
https://www.facebook.com/notes/ika, diakses 17 Juli 2016
http://fp.unsil.ac.id/pelacakan-alumni, diakses 23 Februari 2016
http://ftik.iainpurwokerto.ac.id, diakses 17 Juli 2016
http://inparametric.com/bhinablog/survei-penelusuran-alumni-tracer-studydiakases 24
Februari 2016
http://penelitian.unair.ac.id/artikel_dosen_Studi%20Pelacakan%20Alumni%20FK%20U NAIR diakses pada 23 Februari 2016
http://www.kompasiana.com/syarif1970/arti-penting-ikatan-alumni-terbentuknya
diakses 17 Juli 2016
http://www2.iainmataram.ac.id/workshop pelacakan alumni dan-survey kepuasan pengguna-alumni-iain-mataram.diakses 22 Februari 2016
Jhon M. Echols dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia an English-Indonesia
Dictionary, London: Cornell University Press, 1989
Kunandar, Guru Profesional:Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidkan Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007
Laporan Hasil Penelitian, ttp. Universitas Negeri Hasanuddin, Tahun 2014
Mulyadi, studi teknik industri jurusan mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Hasanuddin,
Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi : Konsep, Karakteristik, dan Imple-mentasi, Bandung :
Remaja Rosdakarya, 2005
Roestiyah, Masalah- masalah Ilmu Keguruan, Cet ke-6, Jakarta: Bina Aksara,2001
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulitatif dan R&D, Bandung:
Alafabeta, 2006
Published
2018-12-10
How to Cite
Buto, Z. (2018, December 10). Studi Pelacakan (Tracer Study) Alumni Prodi Pendidikan Agama Islam STAIN Malikussaleh Di Kota Lhokseumawe. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 9(2), 37-45. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/179