UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA -1 PADA MATERI LAJU REAKSI MELALUI METODE DEMONTRASI PADA MAN LHOKSEUMAWE

  • Nurlaila Nurlaila MAN Lhokseumawe
Keywords: hasil belajar

Abstract

Abstrak

 Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode demontrasi pada  pembelajaran laju reaksi dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA I MAN Lhokseumawe. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran demontrasi terhadap siswa kelas XI IPA I MAN Lhokseumawe pada pokok bahasan laju reaksi  dapat meningkatkan : (1) hasil belajar kimia dengan tingkat ketuntasan mencapai 93,33 % (siklus II), (2) aktivitas belajar siswa dari 69,67 % pada siklus I menjadi 82,33 % pada siklus II.

Kata kunci : hasil belajar, aktivitas belajar, pembelajaran metode demontrasi.

 

Abstract

This study aims to know how to implement demonstration methods on the reaction velocity could improve the learning result of chemistry subject at grade XI IPA I MAN Lhokseumawe.This study was conducted by using classroom action research. The results show that the implementation of demonstration methods at at grade XI IPA I MAN Lhokseumawe can improve the  learning achievement, learning activities.

Key words: learning achievement, learning activities, demonstration methods

References

DAFTAR PUSTAKA
Published
2018-12-10
How to Cite
Nurlaila, N. (2018, December 10). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA -1 PADA MATERI LAJU REAKSI MELALUI METODE DEMONTRASI PADA MAN LHOKSEUMAWE. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 9(1), 81-93. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/178