PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA SMP NEGERI LHOKSEUMAWE MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK

  • Lisa Lisa JURUSAN TMA, FTIK IAIN LHOKSEUMAWE
Keywords: Critical Thinking and Realistic Mathematics Education

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran matematika realistik lebih baik daripada pembelajaran biasa dan interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik. Populasi  dalam penelitian ini adalah siswa kleas VII SMP Negeri Lhokseumawe dengan sampel adalah SMP Negeri 6 dan SMP Negeri 8 Lhokseumawe berjumlah 105 siswa. Instrumen penelitian dengan menggunakan tes kemampuan awal matematika (KAM) dan tes kemampuan berpikir kritis matematik. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dan ANOVA dua jalur. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian peningkatan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan pendidikan matematika realistik lebih baik daripada pembelajaran biasa dan tidak terdapat  interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematik siswa ke arah yang lebih baik adalah pendekatan matematika realistik.

 

Kata Kunci : Berpikir kritis dan Pendekatan Matematika Realistik

Abstrack

The purpose of this study was to determine the increase in critical thinking skills among students who are learning using realistic mathematical learning is better than ordinary learning and interaction between teaching approaches and early math skills to increase mathematical skills of critical thinking. The population in this study is kleas VII Junior High School students with a sample Lhokseumawe is 6 and SMP SMP Negeri 8 Lhokseumawe numbered 105 students. Instrument research using early math skills test (KAM) and the critical thinking skills math test. Analysis of the data used is the t-test and ANOVA two lanes. Based on the analysis of the obtained results improved critical thinking skills among students who are learning using realistic mathematics education is better than ordinary learning and there is no interaction between teaching approaches and early math skills to increase critical thinking skills. One approach that can affect the learning of critical thinking skills math students toward better mathematical approach is realistic

 

Keywords: Critical Thinking and Realistic Mathematics Education

References

DAFTAR PUSTAKA

Depdiknas, (2003), Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah; Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas
Ennis, R, H. (1996), Critical Thinking. New Jersey: Prentice-Hall Inc.
Freudenthal, (1991), Revisiting mathematics education. Dordrecht: Kluwer A.P.
Gravemeijer, K, (1994), Developing Realistic Mathematics Education, Utrecht: Freudenthal Institute.
Hadi, S, (2005), Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya, Banjarmasin
Meltzer, D.E. (2002), The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics : a Possible “ Hidden Variabel” in Diagnostic Pretes Scores. Ames, Iowa : Department of Physics and Astronomy. [Online] Tersedia : http://www.physics.iastate.edu/per/ docs/ Addendum_on_ normalized_gain.pdf [4 Februarei 2010]
Ruseffendi, E. T. (1988), Pengantar kepada Membantu Guru dalam Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
., (1991), Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini, Tarsito, Bandung.
Sanjaya, W. (2005), Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Sumarno, U. (1994), Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Guru dan Siswa di Kodya Bandung. Laporan Hasil Penelitian IKIP Bandung. Tidak diterbitkan.
Published
2018-12-10
How to Cite
Lisa, L. (2018, December 10). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA SMP NEGERI LHOKSEUMAWE MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 9(1), 153-166. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/174