Analisis Perbedaan Kemampuan Metakognisi Siswa Berdasarkan Gaya Belajar VAK Melalui Pembelajaran CTL DI SMPN 2 Dewantara

  • Nuraini Nuraini JURUSAN TMA, FTIK IAIN LHOKSEUMAWE
Keywords: CTL, Gaya Belajar (VAK), Metakognisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan metakognisi siswa berdasarkan gaya belajar VAK melalui pembelajaran CTL  di SMPN 2 Dewantara.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Dewantara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan metakognisi pada materi bentuk aljabar yang berbentuk uraian serta angket gaya belajar. Data  penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan  metakognisi siswa berdasarkan gaya belajar VAK. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa secara keseluruhan aspek  kemampuan metakognisi pada masing-masing gaya belajar (VAK) pada kelas eksperimen dan kontrol terdapat perbedaan dan kemampuan metakognisi siswa pada masing-masing gaya belajar di kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut maka peneliti menyarankan agar model pembelajaran CTL pada pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif  bagi guru matematika untuk meningkatkan kemampuan metakognisi siswa sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang aktif.

ABSTRACT

This study was aimed to describe students’ metaconition skills differences based on VAK learning styles throught CTL learning at SMPN 2 Dewantara. This study used a quantitative approach with quasi experimental research design was employed. The population of this study were all seventh-grade students of SMPN 2 Dewantara. The instruments used in this study were metacognition ability tests on algebraic material in the form of descriptions and questionnaires of learning style. The data of this study were analyzed by using descriptive statistical analysis. Descriptive analysis is aimed to describe the differences in students’ metacognitive statistical analysis. Descriptive analysis is aimed to describe the differences in students’ metacognitive abilities based on VAK learning styles. Based on the results of the study, it was concluded that all aspects of metacognitive ability in each learning style (VAK) in the experimental and control class are different. In this case, students’s metacognition ability in the experimental class was better than the control class based on the result, the researcher sugeesed that the CTL learning model in the mathematics can be an alternative way for mathematics teachers to improve students’ metacognitive skills in implementing active mathematics learning.

References

DePorter, B. & Hernacki, M., 1999. Quantum Learning (Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan) terjemahan. Dell Publishing :New York.
Kariani, Ribka. 2013. Pengaruh Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik dan Sikap Positif Siswa Terhadap Matematika. Tesis. PPs UNIMED: Medan.
Nurhadi dan Senduk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK cetakan ke-1. Malang. UMPRESS.
Russefendi. 1991. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika CBSA. Bandung: Tarsito.
Suherman, dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA-UPI.
Suherman, E.2003. Evaluasi Pengajaran Matematika. Bandung:UPI.
Soedjadi, R. 1991. Kiat Belajar Matematika di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Mulbar, Usman. 2010. Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. http://www.vilila.com/2010/09/metakognisi-siswa-dalam-menyelesaikan.html. diakses 8 februari 2012
Published
2018-12-10
How to Cite
Nuraini, N. (2018, December 10). Analisis Perbedaan Kemampuan Metakognisi Siswa Berdasarkan Gaya Belajar VAK Melalui Pembelajaran CTL DI SMPN 2 Dewantara. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 9(1), 121-137. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/170