FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

  • Irwan Fathurrochman IAIN Curup
Keywords: Pembelajaran, Media Sosial, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam yang terintegrasi dengan media sosial dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobabilty sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan di Jurusan Tarbiyah STAIN Curup, dengan dua kelas yang dibandingkan, yakni kelas A sebagai kelas eksperimen (Prodi BKI dengan jumlah 13 mahasiswa) dan kelas B sebagai kelas kontrol (Prodi MPI dengan jumlah 19 mahasiswa). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji liliefors untuk menguji normalitas data, uji fisher untuk menguji homogenitas data, uji-t untuk menguji hipotesis, dan normal gain untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar mahasiswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Dari hasil perhitungan pengujian hipotesis diperoleh t-hitung sebesar 3,2 dengan harga t-tabel sebesar 2,08, maka t-hitung > t-tabel. Dengan demikian dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam terintegrasi dengan media sosial terhadapĀ  motivasi belajar mahasiswa.

Author Biography

Irwan Fathurrochman, IAIN Curup

A lecturer at Islamic Education Manajement Study Program of STAIN Curup

References

Agung, Kurniawan. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaharuan
A Muri Yusuf, 1996. Teknik Analisa Data. Padang: FIP IKIP.
A Muri Yusuf. 2005. Evaluasi Pendidikan. Padang: FIP UNP.
Boyd, Danah M., Ellison, Nicole B., Social Network Sites: Definition, History, and Scholarship, Journal of Computer-Mediated Communication, Vol 13 No 1, 2007, article 11. atau lihat di http://jcmc.indiana.edu/vol13/issue1/boyd.ellison.html, (diakses tanggal 10 April 2017)
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Elida Priyitno, 1989. Motivasi Dalam Belajar. Jakarta: P2LPTK.
Engkoswara dan Aan Keswara. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Fina Aryani. 2010. Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Media Online Terhadap Hasil Belajar Fisika pada Konsep Termodinamika. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Press.
Gunawan H, Jurnal Forum Diklat. Vol. 06 no. 4 tahun 2015. Integrasi Pengajaran: Menggunakan Jaringan Sosial Untuk Mengarahkan Para Siswa.
http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook, diakses tanggal 25 April 2017
http://omdimas.com/tentang-facebook-dan-keunggulannya, diakses tanggal 25 April 2017.
Ibnu Hajar, 1999. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Juju, Dominikus dan Sulianta, Feri. 2010. Hitam Putih Facebook. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Kalasi, Rasmita. Journal of education & social policy vol.1, 2014. The impact of Social Networking on New age Teaching and Learning: An Overview.
Kaplan, Andreas M.; Michael Haenlein. 2010. "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media". Business Horizons.
Muhibbin Syah. 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyadi, 1991. Psikologi Pendidikan. Biro Ilmiah FT. IAIN Sunan Ampel, Malang.
Munir, 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi, Bandung: Alfabeta.
Nurul Zuriah. 2006. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Teori-Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Oemar Hamalik, 1992. Psikologi Belajar dan Mengajar . Bandung: Sinar Baru.
Rini Riswanita, Hubungan Proses Belajar Mengajar Berbasis Teknologi dengan Hasil Belajar. Jurnal Psikologi Volume 36, No. 2, Desember 2009.
Sanafiah Faisal. 1982. Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.
Sardiman, 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta: CV. Rajawali Pers.
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.( Jakarta: Rajawali, 1990). Hal: 5
SEAMOLEC, 2009. Facebook: Mobile Collaborative Learning, Jakarta: SEAMOLEC.
Silabus, 2017. Mata Kuliah Filsafat Pendidikan Islam, Curup. Jurusan Tarbiyah STAIN Curup.
Sugiyono. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tadjab MA, 1990. Ilmu Pendidikan. Surabaya : Karya Abditama.
Tejo Nursito, Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8 Nomor 1, April 2011. Dikutip dari situs journal.uny.ac.id diakses pada tanggal 15 Maret 2017.
W.S. Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran, Jakarta: Grasindo.
Wawancara dengan salah satu mahasiswa STAIN Curup yang sudah mengambil mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam. Wawancara tanggal 12 April 2017.
Yanti Herlanti, 2006. Tanya Jawab Seputar Penelitian Tindakan Sains, (Jakarta: Jurusan Pendidikan IPA, FITK, UIN Syarif Hidayatullah.
Yuzi Akbari. 2016. Hubungan Intensitas Mengakses Sosial Media Terhadap Perilaku Belajar Mata Pelajaran Produktif Pada Siswa Kelas XI Jasa Boga Di SMK N 3 Klaten. Yogyakarta: UNY Press.
Zainal Abidin, 2003. Media Internet Untuk Pembelajaran Fisika yang Menyenangkan, Makalah disampaikan pada Simposium Nasional 1, Inovasi pembelajaran dan Pengelolaan Sekolah, Jakarta.
Zainal Abidin. 2017. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Ruang Belajar Siber Pada Pendidikan Di Era Digital. Dikutip dari situs http://simposium.gtk.kemdikbud.go.id diakses pada tanggal 12 Februari 2017.
Published
2018-06-15
How to Cite
Fathurrochman, I. (2018, June 15). FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 9(1), 1-28. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/162