PEMBELAJARAN ALJABAR BERBASIS NILAI-NILAI AKHLAK UNTUK MEMBENTUK SIKAP KEBERAGAMAAN MAHASISWA SEMESTER I UNIT 1 PRODI TADRIS MATEMATIKA STAIN MALIKUSSALEH LHOKSEUMAWE T.A 2015/2016

  • Rosimanidar Rosimanidar Dosen Prodi TMA Jurusan Tarbiyah STAIN Malikussaleh Lhokseumawe
Keywords: Pembelajaran Aljabar, Nilai-Nilai Akhlak, Nilai Hablun Minannas, Nilai Hablun Minannafsi, Sikap Keberagamaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pembelajaran aljabar berbasis nilai-nilai akhlak agar membentuk sikap keberagamaan mahasiswa prodi Tadris matematika STAIN Malikussaleh Lhokseumawe. Harus diakui bahwa pembelajaran aljabar selama ini masih mengutamakan pencapaian tujuan pendidikan matematika yang bersifat material, tetapi kurang memperhatikan pencapaian tujuan pendidikan matematika yang bersifat formal, yakni untuk menata nalar mahasiswa dan membentuk kepribadiannya. Hal ini dapat dilihat dari sikap keberagamaan mahasiswa yang belum terbentuk dengan baik. Salah satu penyebabnya adalah mahasiswa masih memberikan sikap negatif terhadap pembelajaran aljabar, minat mahasiswa belajar aljabar masih rendah serta masih terjadinya krisis akhlak di kalangan mahasiswa. Oleh karena itu perlu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK merupakan penelitian praktis yang dilakukan dikelas dan bertujuan memperbaiki praktik pembelajaran yang ada yang terdiri atas dua tindakan. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa semester I unit 1  Prodi Tadris Matematika STAIN Malikussaleh Lhokseumawe TA. 2015/2016. Pengumpulan data dilakukan melalui angket. Hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran aljabar berbasis nilai-nilai akhlak yaitu nilai terkait dengan hablun minannas yaitu  nilai tolong menolong, rasa hormat, dan perhatian, sedangkan nilai yang berhubungan dengan hablun minannafsi (diri sendiri) yaitu teliti, hemat, cermat, kerja keras, tekun, jujur, tegas,  bertanggung jawab, pantang menyerah, percaya diri, dan disiplin yang dapat diinternalisasikan dalam  pembelajaran aljabar melalui kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, sehingga sikap keberagamaan berkriteria baik bagi mahasiswa  semester 1 unit 1 Prodi Tadris matematika STAIN Malikussaleh Lhokseumawe.

References

Abdusysyakir. (2007). Ketika Kyai mengajar matematika. Malang:UIN-Malang Press.
Adinawan, M. Cholik & Sugijono.(2000). Matematika untuk SMP Kelas VIII. Jakarta:Erlangga.
Anni, Catharina Tri. (2005). Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK Universitas Negeri Semarang.
Arikunto, Suharsimi, dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
As’ari, A. R. 2000. Mengapa Perlu Penelitian Tindakan. Makalah disampaikan dalam pelatihan Action Research tingkat Nasional bagi srtuktur inti. Jakarta: Cipete.
Asmani, Jamal. M. (2011). 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Yogyakarta:DIVA Press.
Bakar, Abu Aceh. (1963). Mutiara Akhlak. Jakarta: Bulan Bintang.
Barnett Rich dan Philip A. Schmidt. (2002). Aljabar Elementer Schaum’s outlines. Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.
Bishop, Alan. dkk. (2000). Values in Mathematics Education: Making Values Teaching Explisit in the Mathematics Classroom.
Bodiono, Eddy, Mencari Roh PAKEM, Majalah Teachers Guide edisi No. 10 tahun ke IV,http:// teachers guideonline.blogspot.com, diakses tanggal 8 Oktober 2011.
Chasanah, Siti Uswatul. (2006). Internalisasi Nilai-nilai Agama Islam Dalam Pembinaan Mental Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Skripsi. Fakultas Tarbiyah: UIN Malang.
Depdiknas. (2007). Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran: Mata Pelajaran Matematika, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Indrawati dkk. (2009). Pembelajaran Aktif, Kreaktif, Efektif dan Menyenangkan. Jakarta: PPPPTK IPA Program BERMUTU.
John Bird. (2004). Matematika Dasar (Teori dan Aplikasi Praktis). Edisi Ketiga. Jakarta:Erlangga.
Lithanta, Agus. Alat Peraga perkalian Model Matrik sebagai media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan, http://www.docstoc.com, di akses tanggal 25 juli 2011.
Lusia Riyati Maningrum.(2007). Keefektifan Penerapan Pendekatan PAKEM dengan Media CD Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Sub Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Pangudi Luhur Giriwoyo Wonogiri. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.
Maleong, L.J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosda Karya.
Nuharini, Dewi, dkk. (2008). Matematika Konsep dan Aplikasi untuk /MTs Kelas VIII. Jakarta:Pusat Perbukuan Depdiknas.
Rosimanidar. (2010). Pembelajaran Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Melalui Pendekatan Kontekstual Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMP/MTs Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara. Laporan Penelitian : Dana APBN-P. STAIN Malikussaleh Lhokseumawe.
Rahaju, Endah.B, dkk. (2008). Matematika Contextual Teaching and Learning untuk SMP/MTs Kelas VIII. Edisi 4. Jakarta:Pusat Perbukuan Depdiknas.
Riduwan. (2007). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung:Alfabeta.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran:Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Setiawan. (2004). Pembelajaran Trigonometri Berorientasi PAKEM di SMA. Penulisan Modul Paket Pembinaan Penataran. Yogyakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah PPPG Matematika.
Sri Neni. (2012). Penerapan Pembelajaran Model PAKEM untuk Meningkatkan prestasi Belajar Siswa pada Mata pelajaran Matematika konsep Kubus, Jurnal UMP.
Supartono. (2006). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Materi Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bubulan Bojonegoro. Mathedu ; Volume 1 No. 2. Surabaya: Program Studi Pendidikan Matematika PPS-UNESA.
Supinah. (2009). Strategi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Yogyakarta: Depdiknas.
USAID. (2006). Asyik Belajar Dengan PAKEM: Matematika. Jakarta: Program MBE.
Published
2016-06-20
How to Cite
Rosimanidar, R. (2016, June 20). PEMBELAJARAN ALJABAR BERBASIS NILAI-NILAI AKHLAK UNTUK MEMBENTUK SIKAP KEBERAGAMAAN MAHASISWA SEMESTER I UNIT 1 PRODI TADRIS MATEMATIKA STAIN MALIKUSSALEH LHOKSEUMAWE T.A 2015/2016. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 7(1), 139-153. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/122