DAMPAK PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP NEGERI 6 LHOKSEUMAWE

  • Lisa Lisa Dosen Prodi TMA Jurusan Tarbiyah STAIN Malikussaleh Lhokseumawe
Keywords: pendidikan matematika realistik, pemecahan masalah

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dikarenakan siswa tidak memahami masalah yang diberikan dan jarang membuat apa yang diketahui dan ditanya sehingga siswa tidak bisa tau cara apa yang digunakan untuk menyelesaikan masalah akibatnya siswa tidak bisa menyelesaikan masalah. Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari pendidikan matematika realistik (PMR) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Negeri 6 Lhokseumawe. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 kelas eksperimen yang mendapat PMR dan kelas VII-3 kelas kontrol yang mendapat pembelajaran biasa (PB). Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Negeri 6 Lhokseumawe dengan PMR lebih tinggi daripada pembelajaran biasa (PB)

References

Arikunto, S. (2009), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara
Branca, N.A. (1980). “Problem Solving as a Goal, Process, and Basic Skill”. Problem Solving in School Mathematics. Editor: Krulik, S. and Reys, R.E. Reston: NCTM.
Dahar, R.W. (1996), Teori-Teori Belajar, Jakarta:Erlangga
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum 2006: Standar Isi Mata Pelajaran Matematika untuk SMP/MTs. Jakarta: Depdiknas.
Freudenthal, (1991), Revisiting mathematics education. Dordrecht: Kluwer A.P.
Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Freudenthal Institute. Utrecht: CDβ Press.
Hadi, S. (2000). Teori Matematika Realistik, The Second Tryout of RME-based INSET 2000. University of Twente. Enschede: Tidak diterbitkan.
Kaur, B. (2004). Teaching of Mathematics in Singapore Schools. [Online]. Paper Presented at ICME – 10 Copenhagen, Denmark. 2004. Tersedia:home.sandiego.edu. [4 Maret 2009].
Ruseffendi, E. T. (1988), Pengantar kepada Membantu Guru dalam Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
., (1991), Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini, Tarsito, Bandung.
Sanjaya, Wina. (2005), Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
. (2006), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Edisi 1, cetakan ke-6. Jakarta. Kencana Prenada Media Group
Santoso, Singgih.(2010), Statistik multivariat, Jakarta, Elex Media Komputindo
Shadiq, Fajar,(2004), Pemecahan Masalah,Penalaran dan Komunikasi. Makalah disajikan dalam Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMA Jenjang Dasar di PPPG Matematika Yogyakarta.
Published
2016-06-20
How to Cite
Lisa, L. (2016, June 20). DAMPAK PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP NEGERI 6 LHOKSEUMAWE. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 7(1), 127-138. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/121