PENGARUH TEKNIK PENILAIAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Eksperimen di SD Negeri Gugus 1 Muara Batu Aceh Utara Tahun 2015)

  • Noval Fuadi Dosen Jurusan Tarbiyah STAIN Malikussaleh Lhokseumawe
Keywords: Teknik Penilaian, Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik penilaian dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri Gugus 1 Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara.Desain yang digunakan adalah treatment by level 2x2 yang melibatkan 44 sampel.Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan anava dua jalan untuk melihat efek utama dan interaksi, selanjutnya menggunakan uji Tukey untuk melihat efek sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar matematika siswa yang dinilai dengan teknik penilaian portofolio lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang dinilai dengan teknik penilaian tes tertulis (Fhitung  =12,86 > Ftabel (a = 0,05)  = 4,08). 2) Terdapat pengaruh interaksi antara teknik penilaian dengan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika (F hitung = 14,91> F tabel (a = 0,05)  = 4,08). 3) pada siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, hasil belajar matematika yang dinilai dengan teknik penilaian portofolio lebih tinggi daripada siswa yang dinilai dengan teknik penilaian tes tertulis (Qhitung = 11,31 > Qtabel (a = 0,05)  = 2,86), dan 4) pada siswa yang memiliki kecerdasan emsional rendah, hasil belajar matematika yang dinilai dengan teknik penilaian portofolio lebih rendah daripada siswa yang dinilai dengan teknik penilaian tes tertulis (Qhitung = -0,414 < Qtabel (a = 0,05) = 2,86).

References

A. Athanasou, James dan Lasonas Lamprianou. (2002). A Teacher’s Guide to Assessment.Sydney: Ligare Pty Ltd.
Amantha Kumar, Jeya dan Balakrishnan Muniandy. (2012). The Influence of Demographic Profiles on Emotional Intelligence: A Study on Polytechnic Lecturers in Malaysia. International Online Journal of Educational Sciences.
Feeney, Stephanie, Doris Christenseen and Eva Moravcik. (2006). Who I in the Lives of Children.USA: Pearson Education.
Goleman, Daniel.(2002)Kecerdasan Emosional, Mengapa EI Lebih penting daripada IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Haryati, Mimin. (2007).Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan.Jakarta: Gaung Persada.
Jihad, Asep dan Abdul Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kusaeri. (2014). Acuan dan teknik penilaian proses dan hasil belajar dalam kurikulum 2013. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Olds Feldman, Papalia.(2009). HumanDevelopment-Perkembangan Manusia, edisi 10 buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.
Prastomo, Andi.(2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: DIVA Press.
Purwanto.(2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka.
Santos Blell, Denys.(2011). Emotional Intelligence.United States of America.
Werquin,Patrick.(2010).Recognising non-formal and Informal Learning Outcomes Policies and Practices.OECD.
W. Santrock, John.(2009).Psikologi Pendidikan, terjemahan Diana Angelica. Jakarta: Salemba Humainika.
Published
2016-06-20
How to Cite
Fuadi, N. (2016, June 20). PENGARUH TEKNIK PENILAIAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Eksperimen di SD Negeri Gugus 1 Muara Batu Aceh Utara Tahun 2015). ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 7(1), 115-125. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/120