IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN PROFESI GURU MENUJU KINERJA PENDIDIK PROFESIONAL DISEKOLAH

  • Fauzan Ahmad Siregar Dosen Tarbiyah STAIN Malikussaleh
Keywords: Implementasi, profesi, guru, profesional

Abstract

Fungsi pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut dibutuhkan manajemen dibidang pendidikan. Salah satu bagian manajemen pendidikan yang sangat penting adalah manajemen SDM yang termasuk didalamnya adalah manajemen profesi guru. Hal ini menjadi sangat penting karena guru merupakan orang kunci dalam proses belajar. Langkah-langkah yang dikelola dengan baik dalam proses pengembangan profesi guru diharapkan dapat mendukung terciptanya tujuan pendidikan nasional secara efektif dan efisien.

Kata kunci: Implementasi, profesi, guru, profesional.

References

Sagala, Syaiful (2000). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Soetopo, H. (2005). Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.
Pusdiklat Pegawai Depdiknas (2007). Manajemen Sekolah. Sawangan.
Kompri, (2015). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Baedowi, Ahmad dkk (2015). Manajemen Sekolah Efektif. Jakarta: PT. Pustaka Alfabet.
Suprihatiningrum, J. (2013). Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media .
Mulyasa, (2007). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Andang (2013). Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Malang: Ar-Ruzz Media.
UUSPN No. 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Published
2016-06-20
How to Cite
Siregar, F. A. (2016, June 20). IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN PROFESI GURU MENUJU KINERJA PENDIDIK PROFESIONAL DISEKOLAH. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 7(1), 91-101. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/118