UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA ASPEK AKHLAK DENGAN METODE BERMAIN PERAN DI KELAS X-1 SMA NEGERI 2 DEWANTARA

  • Rohana Rohana Guru PAI SMA Negeri 2 Dewantara Kabupaten Aceh Utara
Keywords: Hasil Belajar, Aspek Akhlak dan Metode Bermain Peran

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan untuk perbaikan terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 dewantara. Pembelajaran didesain dengan metode bermain peran. Pelaksanaan ini berlangsung dari tanggal 26 Februari hingga 19 Maret 2015. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes tertulis dan angket terhadap peserta didik. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas  bermain peran peserta didik. Tes tertulis dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan persentase peserta didik. Angket dilakukan untuk mengetahui suasana pembelajaran dan aktivitas guru selama proses pembelajaran berlangsung. Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian metodologi yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Adapun yang menjadi sampel penelitian adalah peserta didik kelas X-1 SMA Negeri 2 dewantara,  yang terdiri dari 30 orang peserta didik, 13 orang perempuan dan 17 orang laki-laki. Penelitian tindakan kelas ini menerapkan pembelajaran metode  bermain peran dengan tujuan: (1) untuk mengetahui persentase hasil belajar peserta didik (2) untuk mengetahui respon peserta didik (3) untuk mengetahui suasana pembelajaran dan (4) untuk mengetahui aktivitas guru.

Hasil temuan penelitian yang diperoleh adalah: (1) Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yang tergambar dalam perolehan persentase. Perolehan nilai persentase pada siklus I adalah 36,7% dengan ketuntasan peserta didik berjumlah 11 orang, pada siklus II meningkat menjadi 80 % dengan ketuntasan peserta didik berjumlah 24 orang, kemudian pada siklus III meningkat lagi menjadi 90% dengan ketuntasan peserta didik berjumlah 27 orang. (2) Aktivitas peserta didik dalam pembelajaran menunjukkan peningkatan dari siklus ke siklus. Pada siklus I aktivitas peserta didik menunjukkan skor 74,7%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 84,1%, dan siklus III meningkat lagi menjadi 92%, (3) Respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan metode  bermain peran ini, mereka menyatakan sangat menyenangkan, tidak jenuh dan mudah memahaminya.  Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran metode  bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Al-Abrasyi, Muhammad Athiyyah. (2003). Prinsip-prinsip Dasar Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Al Rasyidin. (2008). Falsafah Pendidikan Islam. Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Aqib, Zainal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Arief, Armai. 2002. PengantarIlmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
Depdinas RI. (2006). Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan. Jakarta: Depdiknas RI.
Gulo, W.. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Hamalik, Oemar. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kunandar. (2007). Guru Profesional: Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Grafindo Persada.
Miskawaih, Ibnu. (1329). Tahzib al-Akhlak wa Tathhir al-A’lan. Beirut: Dar al-Masaini.
Munadi, Yudhi. (2008). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Sagala, Syaiful. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabexta.
Shabila, Jamil. (1979). al-Mu’jam al-Falsafi. Mesir: Dar al-Kitab al-Misri.
Syah, Darwyn. (2007).Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Gaung Persada Press.
Syamsuri. (2007). Pendidikan Agama Islam untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Yamin, Martinis. (2008). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
____________. (2009). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.
Published
2016-06-20
How to Cite
Rohana, R. (2016, June 20). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA ASPEK AKHLAK DENGAN METODE BERMAIN PERAN DI KELAS X-1 SMA NEGERI 2 DEWANTARA. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 7(1), 61-80. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/116