PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES AND NON EXAMPLES DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS VIII SMP NEGERI 13 LHOKSEUMAWE

  • Setiawan Setiawan Dosen Jurusan Tadris Matematika FTIK IAIN Lhokseumawe
Keywords: Pemahaman Konsep, Example and non Example, Penelitian Tindakan Kelas, Siswa SMP

Abstract

Pembelajaran matematika sekarang ini masih sulit untuk melatih kemampuan pemahaman konsep matematika. Salah satu penyebabnya guru masih sering memberikan rumus-rumus matematika dalam bentuk jadi, sehingga menyebabkan siswa harus menghapal rumus-rumus tersebut. Salah satu cara penyelesaian permasalahan tersebut dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe examples non examples. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data adalah siswa SMP Negeri 13 Lhokseumawe kelas VII3 sebanyak 25 orang. Secara keseluruhan hasil penelitian dengan penerapan pembelajaran examples non examples menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa  mengalami perubahan yaitu pada hasil tes akhir siklus II jumlah persentase ketuntasan adalah sebesar 88%, hasil ini lebih besar dari persentase yang diperoleh pada tes akhir siklus I  yaitu sebesar 60% dan persentase siklus II tersebut lebih besar dari standar ketuntasan yang ditetapkan. Begitu pula dengan hasil observasi siklus II terhadap kegiatan peneliti pengamat 1  dan pengamat 2 rata-rata sebesar 86,36%, sedangkan terhadap kegiatan siswa berdasarkan pengamat 1 dan pengamat 2 rata-rata sebesar 88,18%, hasil ini lebih besar dari hasil observasi pada siklus I dan persentase siklus II yang diperoleh tersebut lebih besar daripada  persentase yang diharapkan yaitu ≥80%, karena persentase yang diperoleh lebih besar daripada standar yang ditetapkan maka diputuskan bahwa siklus II telah  berhasil dan tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dapat meningkatkan pemahaman konsep materi operasi hitung pecahan pada siswa SMP Negeri 13 Lhokseumawe.

References

Agus Suprijono,Cooperatif Learning Teori dan Aplikas,(Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009)
Anas Sudijono , Pengantar Statistika Pendidikan,(Jakarta : Media Pratama, 2008)
Arends, R.I. Learning To Teach (Belajar Untuk Mengajar), Edisi Ketujuh. Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. (Yokyakarta: Pustaka Pelajar,2008)
Depdiknas Dirjen Dikdasmen PPPG Matematika. Yogyakarta, 2006
Herman Hudojo, Startegi Mengajar Belajar Matematika, (Malang: IKIP malang, 1990)
Lexi Moleong, Metodelogi Penelitian Kualitatif,( Bandung:Remaja Rosda Karya,2006)
Made Wena, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)
M.Burhan Bungin, Teknik Analisa Data Kualitatif, (Jakarta:Raja Grafindo Persada, 2006)
Muslimin Ibrahim, Pembelajaran Kooperatif, (Surabaya: University Press, 2000)
NCTM. (National Council of Teacher of Mathematics), Prisiple and Standards for School Mathematics. (Viginia : NCTM, 2000).
Robert E. Slavin, Cooperative Learning: theory, research and practice, (London: Allymand Bacon, 2005)
Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Ed.2, (Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2012)
R.Soejadi, Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, (Departemen Pendidikan Nasional: 2000).
Sukayati, Penelitian Tindakan Kelas, (Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Matematika, 2008)
Wijaya Kusumah dan Dedi Dwitagama, 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. (Jakarta: Indeks, 2010)
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008)
Published
2017-12-13
How to Cite
Setiawan, S. (2017, December 13). PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES AND NON EXAMPLES DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS VIII SMP NEGERI 13 LHOKSEUMAWE. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 201-224. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/109