PROSES PEMBELAJARAN DALAM INTERAKSI EDUKATIF

  • Lili Ardayani Dosen Jurusan Tadris Bahasa Inggris FTIK IAIN Lhokseumawe
Keywords: Pembelajaran, Interaksi, Edukatif

Abstract

Interaksi Edukatif adalah suatu kegiatan dalam proses pembelajaran  dimana interaksi  tersebut melibatkan orang lain untuk membantunya dengan kata lain guru  yang mengajar anak didik yang belajar perpaduan kedua unsur inilah yang disebut  interaksi edukatif dengan memanfaatkan  bahan ajar atau materi ajar  sebagai  alat untuk pencapaiannya. Dalam proses  pembelajaran itulah semua komponen dilibatkan secara optimal guna mencapai tujuan pengajaran yang telah tetapkan.Tulisan ini mengulas tentang proses pembelajaran dalam interaksi edukatif. Dalam bahasannya penulis membahas tentang hakikat proses pembelajaran, makna dan prinsip-prinsip interaksi edukatif, aspek-aspek interaksi edukatif yang meliputi; Perilaku mengajar guru, perilaku  belajar  peserta didik, interaksi antara guru dan peserta didik, dan interaksi sesama peserta didik menurut pandangan ilmuwan Islam.

References

Abdurrahman An-Nahiawi, ( 2004). Pendidikan Islam di rumah sekolah, dan masyarakat, terj. Shihabuddin, cet Ke IV. Jakarta: Gema Insani Press,.
Abu Ahmadi, (1991), Ilmu Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta
Al Ghazali, Ihya ‘Ulum Al din, Terj. Misbah Zainul Mustafa, Yogyakarta: Bintang Pelajar , tt.
Arif Furchan, dkk. (2005). Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Di Perguruan Tinggi Agama Islam. Cet. Ke-1, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ahmad Rohani, (2004). Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Al Rasyidin dan Samsul Nizar, (2005). Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press.
Ahmad Tafrir, (2006) Filsafat Pendidikan Islam integrasi Jasmani , Rohani dan Kalbu, Memanusia kan manusia, Bandung Remaja Rosda Karya.
Az- Zarnuji, Ta’alim al Muta’allim fi Thariq at- Ta’allum, Arab: Dar al- Kutub al Arabiyah.
Dimyati dan Midjiono, (2006), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Hasan Asari, (2008), Etika Akademis dalam Islam, Yogyakarta : Tiara Wacana.
Masnur, dkk, (1987), Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar, Bandung: Jemars.
Muhammad Athyiah al Abrasyi, (1993) At- Tarbiyah al Islamiyah, Terj. Bustami A. Gani, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta : Bulan Bintang.
Muhammad Quraisy Shihab, (2008), Peningkatan Peranan dan Kualitas Pendidik Muslim dalam Pembentukan Karakter Bangsa, Makalah dalam Seminar Nasional, Pembentukan Karakter Banagsa melalui Pendidikan Islam di UNS Surakarta.
Nana Sudjana dan Ahmad, (1991), Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru.
Oemar Hamalik, (2008), Kurikulum dan Pembelajaran, cet. Ke-8 Jakarta: Bumi Aksara.
Pupuh Fathurrohan dan M. Sobry Sutikno ( 2007), Strategi Belajar Mengajar melalui Pemahaman Konsep Umum Dan Konsep Islam, Bandung: Refika Aditama.
Saiful Bahri Djamarah, ( 2000), Guru dan Anak DIdik dalam Interaksi Edukatif, cet. Ke-1 Jakarta: Rineka Cipta.
____________________, (2006), dan Azwan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta
Soetomo, (1993), Dasar-Dasar Interaksi Belajar mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Tfsir, Ahmad, (2006), Filsafat Pendidikan Islam Integrasi jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Thursan Hakim, (2005), Belajar secara Efektif, cet ke-5. Jakarta: Puspa Swara.
Zainal Aqib, (2009), Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Cet ke-1, Bandung : Irama Widya.
Published
2017-12-13
How to Cite
Ardayani, L. (2017, December 13). PROSES PEMBELAJARAN DALAM INTERAKSI EDUKATIF. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 187-200. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/108