PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HAMA, GULMA, DAN PENYAKIT TANAMAN DI KELAS VIII MTsS ULEE TUTUE KABUPATEN ACEH UTARA

  • Dedi Rosadi Guru MIS Ulee Reuleung, Dewantara
Keywords: penyakit tanaman, gulma, hama, problem posing, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa melalui penerapan model pembelajaran problem posing pada pokok bahasan, hama, gulma,  dan penyakit tanaman pada siswa kelas VIII MTsS Ulee Tutue Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah berupa tes akhir tindakan setiap siklus, hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII2 yang berjumlah 20 siswa. Analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil analisis data diperoleh nilai ketuntasan tes akhir tindakan siklus I belum berhasil, sehingga dibutuhkan pelaksanaan siklus II dan diperoleh data bahwa keberhasilan tes akhir tindakan siklus II adalah 85%, sehingga criteria keberhasilan pembelajaran sudah tercapai dengan peningkatan 15%. Respon siswa melalui penerapan model pembelajaran problem posing pada pokok bahasan hama, gulma dan penyakit tanaman positif, hal ini terlihat dari tingkat keaktifan dan kesulitan soal yang dibuat siswa. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII2 melalui penerapan model pembelajaran problem posing.

References

Djamarah, S.B. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Fudyartanto. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Yogyakarta: Global Pustaka Utama.
Hajar. (2001). Problem Posing (Belajar dari Masalah Membuat Masalah). http://h4j4r.multiply.com/journal/item/7. Diakses 17 Juni 2013.
Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada.
Pracaya. (2003). Hama Penyakit Tanaman. Penebar Swadaya: Depok.
Rooijokker, A. (2006). Mengajar dengan Sukses Petunjuk untuk Merencanakan dan Menyampaikan Pelajaran. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Rukmana, R. (2002). Hama Tanaman dan Teknik Pengendalian. Yogyakarta: Kanisius.
Rustam dan Mundilarto. (2004). Penelitian dan Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, Ditjen Dikti.
Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Raja Grafindo Persada.
Suyanto, Bagong dan Sutinah. (2002). Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana
Yamin, M. (2006). Profesionalisme Guru dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada press.
Published
2017-12-13
How to Cite
Rosadi, D. (2017, December 13). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HAMA, GULMA, DAN PENYAKIT TANAMAN DI KELAS VIII MTsS ULEE TUTUE KABUPATEN ACEH UTARA. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 71-87. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/105