PEMENTASAN DRAMA MELALUI PENDEKATANCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

  • Novi Diana Jurusan Tadris Bahasa Indonesia IAIN Lhokseumawe

Abstract

ABSTRAK

Belajar bermain drama memerlukan pengalaman yang banyak. Pengalaman yang diperoleh merupakan hasil belajar yang perlu dikembangkan oleh siswa. Itulah sebabnya penulisan tentang pementasan drama melalui pendekatan contextual teaching and learning bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan CTL ini dalam materi pementasan drama. Penelitian dilakukan melalui kajian pustaka yaitu peneliti mengumpulkan informasi-informasi melalui teori-teori yang sesuai sebagai landasan dan membaca buku-buku yang berhubungan dengan penelitian lalu dianalisis. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dalam materi drama sangat sesuai. Hal ini jika guru dapat memanfaatkan langkah-langkah atau tujuh komponen yang ada dalam CTL ke dalam rencana pelaksanaan pembelajaran.  Komponen-komponen itu sangat kompleks dan cocok diterapkan dalam materi drama. Drama memerlukan latihan-latihan, pemodelan dalam karakter tokoh, mengonstruks pengetahuan dalam lafal dialog, banyak bertanya, belajar  berkelompok dan penilaian. Hasil tersebut menunjukkan jika siswa merasa bersemangat jika belajar di luar kelas, menemukan sendiri jawaban dari kelompok atau lingkungan belajar. Sehingga proses pembelajaran menjadi baik sesuai apa yang ingin dicapai oleh seorang pengajar.

References

DAFTAR PUSTAKA
Ampera, Taufik. 2010. Pengajaran Sastra. Bandung: Widya Padjadjaran.
Daryanto. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Kosasih, E. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Nobel Edumedia.
Nurhadi. 2002. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Soekamto, Toeti dan Udin. SW. 1997. Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. (bahan Ajar Pekerti). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Depdikbud.
Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.
Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group).
Published
2020-12-30
How to Cite
Diana, N. (2020, December 30). PEMENTASAN DRAMA MELALUI PENDEKATANCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 11(2), 99-109. https://doi.org/https://doi.org/10.47766/itqan.v11i2.1010