IMPLEMENTASI KURIKULUM (ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: TANTANGAN DAN UPAYA)

  • Maya Safitri Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Lhokseumawe

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kompetensi pedagogik, kendala dan upaya guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum pada SMA Negeri di Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.Hasil penelitian dari 10 indikator kompetensi pedagogik guru PAI menunjukkan bahwa pemenuhan kompetensi pedagogic indikator1,4,7,8,dan9 menunjukkan kriteria baik, sedangkan indikator2, 3, 5,6, dan10 menunjukkan kurang baik. Kendala yang dihadapi guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum adalah dari aspek guru, peserta didik, kepala sekolah, sarana dan prasarana dan kurikulum.Upaya dalam meningkatkan kompetensi pedagogik  guru mata PAI di Aceh diantaranya:  seminar, worksop, pelatihan-pelatihan, (MGMP) danmelanjutkan pendidikannya pada jenjang yang lebih tinggi yaitu kejenjang S2.Hasil penelitian diharapkan mampu memberikan kontribusi yang cukup besar dalam penerapan kurikulum, peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI di Aceh sehingga, diharapkan menjadi motivasi untuk mengadopsi bentuk kurikulum dan model pedagogik guru PAI kearah perubahan dalamproses pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan agar meningkatnya kualitas pendidikan di Aceh.

References

DAFTAR PUSTAKA
Abdullah Idi, Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek, Jakarta: Gaya Media Pratama, 1988.
Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Abdurrahman Saleh Abdullah, Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Alquran, Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, (Bandung: Remaja RosdaKarya, 2008.
Adb. Rahman an-Nahlawi, Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam,Bandung: Diponogoro, 1992.
Agung TW, Motivasi Kerja Guru dalam Mengembangkan Kurikulum di Sekolah. jurnal Pendidikan Penabur, 2009.
Anton Moeliono, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
Azia, Robert S. Curriculum Principes and Foundation. t.tp.: Harper & Row Publisher, 1976.
Buchari Alma, Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampail Mengajar, Bandung: Alfabeta, 2009.
Dakir, Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
, Standar Kompetensi Sertifikasi Guru,Bandung, Remaja Rosdakarya, 2013.
Moleong LJ. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Nurdin Usman, Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum, Jakarta: 2002.
Oemar Hamalik, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, cetakan ketiga Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
[Permendiknas] Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. 2007. Peraturan MenteriPendidikan Nasional nomor 16 tahun 2007 tentang Standar KualifikasiAkademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: BSNP.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2010.
Syarif, A. Hamid. Pengembangan Kurikulum. Surabaya: Bina Ilmu, 1996.
S. Nasution, Azas-Azas Kurikulum, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Taba, Hilda, Curriculum Development: Theory and Practices. New York: Harcourt, Brace and World, Inc., 1962.
Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1988.
Undang-undang Nomor14 tahun 2005 tentang Gurudan Dosen Bab II Pasal 6. Undang-undang Nomor 14 tahun2005 tentang Guru dan Dosen Bab II Pasal10 Undang-undang RI No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Undang-undang RI Nomor14 Tahun 2005 Tentang Gurudan Dosen.Pasal1 ayat 1.
Published
2020-12-30
How to Cite
Safitri, M. (2020, December 30). IMPLEMENTASI KURIKULUM (ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: TANTANGAN DAN UPAYA). ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 11(2), 85-98. https://doi.org/https://doi.org/10.47766/itqan.v11i2.1009