PENGARUH TAQLID DALAM PENDIDIKAN ISLAM

  • Rahimi Rahimi Prodi Pendidikan Agama Islam STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh

Abstract

ABSTRAK

Tulisan ini mengkaji tentang pengaruh Taqlid ditinjau dari pendidikan Islam. Kajian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi pustaka (Library Research). Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa pengaruh Taqlid terhadap Pendidikan Islam diantaranya Taqlid akan melahirkan peserta didik yang mudah percaya terhadap apa yang disampaikan oleh orang lain dan mudah pula menjadi bagian masyarakat yang dapat diperalat penindas. Taqlid menjadikan pemikiran tidak mandiri dan inovatif maka dengan sendirinya tidak ada penghargaan terhadap kemampuan akal manusiaTaqlid juga akan membawa kepada pemahaman fundamentalisme yang merupakan salah satu faktor penyebab munculnya terorisme. Taqlid tidak menggunakan akal secara maksimal tetapi secara statis dan mekanis sehingga sikap hidup dan beragama yang tertutup secara radikal.

References

DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi Abu, Unbiyati, Nur, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2001
Aly, Noer Hery Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1999.
Al-Abrasyi, ‘Athiyah Muhammad, Prinsip-prinsip Dasar Pendidikan Islam, terj. Abdullah Zaky al-Kaaf, dari judul Asli At-Tarbiyah al-Islamiyah, Bandung : Pustaka Setia, 2003
Artikel “Pendidikan Seharusnya Murah” Karya Aad Setya Permadi yang disampaikan Pada Seminar Pendidikan IRM.
Ash-Shiddieqy, Hasbi, Pengantar Ilmu Fiqih, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 1999
Asy-Syaukani, Ilmu Ushul Fiqih Jombang :Darul Hikmah, 2008
Dakir, Dasar-dasar Psikologi, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 1993
Djuwaeli, Irsyad, Pembaruan Kembali Pendidikan Islam, Jakarta : Karsa Utama Mandiri dan PB. Mathlo’ul Anwar, 1998
Fattah, Abdul dan Ghuddah, Abu Metode Pendidikan & Pengajaran Rasulullah SAW, Bandung: Irsyad Baitus Salam, 2009
Hildebrandt Rambe, Ati, Bahaya Taqlid Dalam pendidikan Agama danTeologi, Sebuah Pembelajaran dari Sejarah Umat Islam, Jurnal Teologi Konstektual, No 8, 2005,
Ilyas dan Yunahar, Kuliah Akhlaq, Yogyakarta: LPPI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2006
Kasinyo, Harto, Rekontruksi Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Islam Conciencia, No. 2, 2009
Lapidus, Ira, Sejarah Sosial Umat Islam, cet. II, Rajawali Press: Jakarta 2000
Maghfur, Muhammad, Koreksi atas Kesalahan Pemikiran Kalam dan Filsafat Islam. Bangil-Jatim: Al-Izzah, 2002
Mangunwijaya, Y.B. Mencari Visi Dasar Pendidikan, Jakarta: Hamzah, 2001
Nur M. Chairan At-Ta’dib Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam Vol. II, No. 3, Maret 2011, Mendalas: STAI Tgk. Dirundeng Meulaboh, 2011
Poerwadarminta, W. J. S., Kamus Umum Bahasa Idonesia, (Jakarta: Balai Pustaka: Balai Pustaka, 1978
Rohayana, Dedi ,Ade, Ilmu Ushul Fiqih. Bandung: STAIN press, 2005
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Cet V Jakarta: Kalam Mulia, 2002
Saebani, Ahmad Beni Ilmu Ushul Fiqih, Bandung : Pustaka Setia, 2008
Syafe’i, Rahmad Ilmu Ushul Fiqih, Bandung : Pustaka Setia, 1999
Sjinqithy, Djamaludin, A, Sejarah Legislasi Islam, Surabaya : Al Ikhlas,1994
Published
2020-12-30
How to Cite
Rahimi, R. (2020, December 30). PENGARUH TAQLID DALAM PENDIDIKAN ISLAM. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 11(2), 71-83. https://doi.org/https://doi.org/10.47766/itqan.v11i2.1008