PENERAPAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MERENCANAKAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

  • Marzuki Hasan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Syamtalira Aron Aceh Utara

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kinerja guru dalam merencanakan pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan supervisi oleh kepala sekolah di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu tahun 2020. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu. Penelitian ini akan dilaksanakan selama tiga bulan pada semester ganjil di tahun 2020, yaitu mulai bulan Agusutus sampai dengan bulan Oktober. Subjek penelitian ini adalah guru-guru di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu yang belum dapat menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dengan baik, yaitu sebanyak 9 orang guru. Prosedur pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dri tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dan angket. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan kinerja guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran setiap siklus mengalami peningkatan, hal ini terlihat dari persentase individu guru. Pada siklus I hanya 5 orang guru yang telah mencapai indikator keberhasilan penelitian. Pada siklus II seluruh guru telah mencapai inidikator keberhasilan penelitian. Hasil angket diketahui juga mendukung hasil penelitian, persentase guru yang menjawab sangat setuju adalah 95,5% dan yang sutuju adalah 4,5%. Hal ini menunjukan  bahwa guru-guru sudah menyadari pentingnya merencanakan pelaksanaan pembelajaran dengan baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan supervisi kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru dalam merencanakan pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu pada tahun 2020.

References

Daryanto dan Rachmawati, Tutik. 2015. Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Depdiknas.
Fathurrohman, Sulistyorini, Muhammad. 2012. Meretas Pendidikan Berkualitas dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.
Hanafiah dan Suhana. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.
Mulyasa, E. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2013. Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan. Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Usman, Moh,Uzer. 2007. Menjadi Guru Profesionalisme.. Bandung:Remaja Rosdakarya
Published
2020-12-30
How to Cite
Hasan, M. (2020, December 30). PENERAPAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MERENCANAKAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 11(2), 59-70. https://doi.org/https://doi.org/10.47766/itqan.v11i2.1007