ANALISIS NILAI PENDIDIKAN MORAL PADA CERPEN HARIAN KOMPAS EDISI DESEMBER 2019

  • Husaini Husaini Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Lhokseumawe
  • Erliani Erliani Jurusan Tadris Bahasa Indonesia IAIN Lhokseumawe

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan nilai pendidikan moral yang terkandung dalam cerita pendek harian kompas edisi bulan Desember tahun 2019. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian analisis konten (analisis isi). Berdasarkan hasiltemuan peneliti menyimupkan bahwa:wujudhubunganmanusiadengandirisendiri terdiri dari memiliki sikap saling menyapa, sikap mampu mengendalikan diri, sikap memiliki tata krama dan sopan santun, sikap memiliki rasa malu, dan sikap memiliki rasa kesetiakawanan.Nilai pendidikan moral antara satu dengan yang lainnya sesama terdiridari beberapa komponen yaitu, saling menghormati, menumbuhkan rasa kasihsayang,toleransi sesama, sukamenolong. Nilai pendidikan moral antara hubungan manusiadengan Tuhannya hanyaterdapatnilaimoral ketakwaan (mengenal tuhan sebagai pencipta) dan berdoa dan hubunganmanusiadenganlingkungan alamhanyaterdapat nilaimoralcintatanaman dan sosial kelompok, dari beberapa nilai moral diatas yang paling mendominasi adalah hubungan manusia dengan diri sendiri dimana hubungan manusia dengan diri sendiri diwujudkan dalam bentuk saling menyapa (tidak sombong), mampu mengendalikan diri agar menjadi lebih baik, bertata krama sopan dan santun yang mencerminkan kepribadian seseorang, memiliki rasa malu terhadap sikap dan tindakan yang dilakukan, dan memiliki rasa kesetiakawanan yang merupakan sifat setia pada diri seseorang yang mempunyai nilai moral yang tinggi.

References

DAFTAR PUSTAKA
Arikunto Suharsimi,Prosedur suatu Pendekatan Baru, Jakarta: Rineka Cipta, 2006
Bambang Daroeso. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu. 1988
Darmiyati Zuchdi. Panduan Penelitian Analisis Konten. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.1993
Farida Rahim. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. 2008
Muh. Nur Mustakim. Peranan Cerita dalam Pembentukan PerkembanganAnak TK. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti. 2005
Kabul Budiono. Nilai-nilai Kepribadian dan Kejuangan BangsaIndonesia. Bandung: Alfabeta. 2007
K. Bertens. Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2002
Lexy J Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Badung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Lickona, Thomas..Mendidik Untuk Membentuk Karakter: BagaimanaSekolah dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap dan Tanggung jawab. Penerjemah: Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara. 2013
Hardjana HP. Cara Mudah Mengarang Cerita Anak. Jakarta: PT Grasindo, 2006
Hamid Darmadi. Dasar Konsep Pendidikan Moral: Landasan Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta. 2009
Muh. Nur Mustakim. Peranan Cerita dalam Pembentukan PerkembanganAnak TK. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti. 2005
Muhammad Nasir, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2009
Muhammad. Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2011
Mohammad Mustari. Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2014
Muh. Nur Mustakim. Peranan Cerita dalam Pembentukan PerkembanganAnak TK. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti. 2005
Nurul Zuriah. Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam PerspektifPerubahan. Jakarta: Bumi Aksara, 2007
Pusat Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 2005
Suwardi Endraswara Metodologi Penelitian Sastra : Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi, Yogyakarta: MedPress, 2008
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 2005
Sjarkawi. Pembentukan Kepribadian Anak: Peran Moral, Intelektual,Emosional, dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri.Jakarta: Bumi Aksara, 2009
Sjarkawi. Pembentukan Kepribadian Anak: Peran Moral, Intelektual,Emosional, dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri.Jakarta: Bumi Aksara. 2009
Suminto A. Sayuti. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media, 2000
Suminto A. Sayuti. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media, 2000

Uswatun Hasanah, (2017). Nilai Moral Dalam Sāq Al-Bambū Karya SaʻŪd Al-SanʻŪsī.Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra, Vol. I, No. 1. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Rini Darmastuti. Etika PR dan E-PR. Yogyakarta: Gaya Media. 2007
Wiwit Wahyuning, Jash, & Metta Rachma Diana. MengkomunikasikanMoral kepada Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo. 2003
Wuradji,Pedoman Penelitian, Yogyakarta: Lembaga PenelitianUNY, 2010
Zainuddin Fananie. Telaah Sastra. Surakarta: Muhammadiyah University Press. 2002
Published
2020-12-30
How to Cite
Husaini, H., & Erliani, E. (2020, December 30). ANALISIS NILAI PENDIDIKAN MORAL PADA CERPEN HARIAN KOMPAS EDISI DESEMBER 2019. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 11(2), 35-58. https://doi.org/https://doi.org/10.47766/itqan.v11i2.1006