PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN MUHADATSAH DI IAIN LHOKSEUMAWE

  • Aina Salsabila Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Lhokseumawe

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Jurusan PBA IAIN Lhokseumawe terhadap proses pembelajaran Muhadatsah yang telah dilaksanakan. Dalam proses pembelajaran Muhadatsah ini ada 5 aspek yang menjadi fokus masalahnya, yaitu: tujuan pembelajaran, materi ajar, metode dan media pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi mahasiswa saat proses pembelajaran Muhadatsah berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Sampel dipilih melalui simplerandom sampling berjumlah 156 mahasiswa dari 260 mahasiswa PBA daninstrumen penelitian berupa kuesioner. Dari hasil analisis data peneliti menyimpulkan bahwa proses pembelajaran Muhadatsahberlangsung dengan baik. Hal ini ditunjukkan dari distribusi frekuensi tujuan pembelajaran (66,02% menyatakan sangat baik), materi ajar (62,18% menyatakan sangat baik), metode dan media pembelajaran (41,67% menyatakan baik), dan evaluasi pembelajaran (62,82% menyatakan sangat baik). Sedangkan kesulitan belajar yang dihadapi mahasiswa antara lain kekurangan mufradat, kurangnya berkomunikasi dengan bahasa Arab dikarenakan tidak adanya bi’ah lughawiyah serta kurangnya bimbingan dosen ketika proses pembelajaran Muhadatsah berlangsung.

References

DAFTAR PUSTAKA
Abuddin Nata, 2010, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Kencana Prenada Media Group.
Ahmad Izzan, 2011,Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung, Humaniora.
Azies, Furqanul dan Chaedar Alwasilah, 2000,Pengajaran Bahasa Komunikatifteori danPraktek,Bandung, PT Remaja Rosdakarya.
Aziz Fachrurrozi dan Erta Mahyuddin, 2011,Teknik Pembelajaran Bahasa Arab, Tangerang.
Bimo Walgito, 2004,Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta, Andi Yogyakarta.
Faisal Hendra, Maret 2013, Persepsi Mahasiswa terhadap Proses Pembelajaran Kemahiran Bahasa, Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, Vol . 2, No. 1.
Hamdani, 2011,Dasar-Dasar Kependidikan, Bandung, Pustaka Setia.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar, 2008,Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung.
Istarani, 2012,Kumpulan 39 Metode Pembelajaran, Medan, CV. Iscom Medan.
Jalaluddin Rakhmad, 2003, Psikologi Komunikasi, Bandung, Remaja Rosdakarya.
Martinis Yamin, 2011,Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan,Jakarta, Gaung Persada.
Muhammad Joko Susilo, 2008,Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Riduwan, 2015,Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula,Bandung, Alfabeta.
Sugiyono, 2016,Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis dan Disertasi, Bandung, Alfabeta.
Sunaryo, 2004,Psikologi untuk Keperawatan, Bandung, Alfabeta.
Suyanto dan Asep Jihad, 2013,Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru Di Era Global, Jakarta, Erlangga.
Tri Rusmi Widayatun, 1999, Ilmu Prilaku M.A. 104, Jakarta, Sagung Seto.
W. James Popham dan Eva L. Baker, 2011, Teknik Mengajar Secara Sistematis, Jakarta, PT Rineka Cipta.
Published
2020-12-30
How to Cite
Salsabila, A. (2020, December 30). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN MUHADATSAH DI IAIN LHOKSEUMAWE. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 11(2), 15-33. https://doi.org/https://doi.org/10.47766/itqan.v11i2.1005