PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO AND FOUR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS POKOK-POKOK LAPORAN PERJALANAN

  • Anggi Damora Sari Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan (UNIMED)
  • Rosmawaty Harahap Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan (UNIMED)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran the power of two amd four terhadap kemampuan menulis pokok-pokok laporan perjalanan oleh siswa kelas VIII MTs. Aisyiyah Sumatera Utara. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 57 orang yang terdiri dari dua kelas. Dari jumlah populasi ini ditetapkan seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cararandom sampling. Peneliti mengambil kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan VIII-B sebagai kelas kontrol.Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Instrumen data yang digunakan  adalahtes essai menulis pokok-pokok laporan perjalanan dalam bentuk tertulis dan teks laporan perjalanan yang akan diperdengarkan oleh siswa dengan menggunakan metode the power of two and four.Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata yang diajarkan menggunakan metode the power of two and four yaitu 81,02 dengan kategori nilai yang sangat baik. Nilai rata-rata yang diajarkan menggunakan metode konvensional atau ceramah yaitu 58,33 ini berarti kemampuan menulis pokok-pokok laporan perjalanan tergolong dalam kategori kurang. Hipotesis diuji menggunakan rumus t-tes pada taraf signifikan 5% atau = 0,05. Dari hasil analisis yang dilakukan maka penggunaan metode pembelajaran the power of two and four  memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis pokok-pokok laporan perjalanan. Harga thitung> ttabel = 1,81> 1,67 sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima.

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas, 2003. Kamus Pelajar: SLTP. Jakarta: Pusat Bahasa. Finoza, Lamuddin. 2006. Aneka Surat Statuta, Laporan, dan Proposal. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
Keraf, Gorys. 2004. Komposisi Ende. Semarang: Nusa Indah.
Ngalimun, 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Umam, Khaerul. 2014. Manajemen Perkantoran (Referensi untuk Para Akademisi dan Praktisi). Bandung: Pustaka Setia.
Published
2020-12-30
How to Cite
Sari, A., & Harahap, R. (2020, December 30). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO AND FOUR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS POKOK-POKOK LAPORAN PERJALANAN. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 11(2), 1-14. https://doi.org/https://doi.org/10.47766/itqan.v11i2.1004