PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK

  • Suraida Fitri Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Dewantara Aceh Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kompetensi pedagogik guru SMK Negeri 1 Dewantara melalui supervisi akademik tahun 2020. Subjek penelitian ini adalah guru PNS yang bertugas di SMK Negeri 1 Dewantara yaitu sebanyak 20 orang guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis deskriptif persentase. Berdasarkan analisis data diketahui pada siklus I 2 orang guru berada pada taraf baik, 16 orang guru berada pada taraf cukup dan 2 orang guru berada pada taraf kurang. Sedangkan pada siklus II 2 orang guru berada pada taraf istimewa 18 orang guru berada pada taraf baik sekali dan sudah tidak ada guru yang berada pada taraf baik, cukup, dan kurang serta telah mencapai kriteria keberhasilan tindakan. Peningkatan nilai persentase kompetensi pedagogik guru dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Peningkatan nilai persentase kompetensi pedagogik guru ada yang mencapai 23,93%, 22,34%, 21,81%, 21,28%, 20,74%, 20,22% dan 20,21%. Sehingga dapat disimpulkan kompetensi pedagogik guru mengalami peningkatan setiap siklus. Angket respon guru yang menyatakan selalu sebesar 91,06%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMK Negeri 1 Dewantara tahun 2020.

 

Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Supervisi Akademik

References

Bafadal, Ibrahim. 2002. Supervisi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 129a tahun 2004. Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan. Jakarta: Kemendiknas.
Sudradjat, Hari. 2005. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah; Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi KBK. Bandung: Cipta Lekas Garafika.
Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Universitas Terbuka, Departemen Pendidikan Nasionl. Jakarta.
Uno, Hamzah B. 2010. Profesi Kependidikan. Jakarta: PT Bukit Aksara.
Published
2020-06-30
How to Cite
Fitri, S. (2020, June 30). PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 11(1), 39-52. https://doi.org/https://doi.org/10.47766/itqan.v11i1.1002